Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini Tanda Cat Lateks Sudah Kedaluwarsa

Kompas.com - 01/05/2022, 09:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan sisa cat dari proses mengecat rumah menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran.

Akan tetapi, jika tidak menyimpan cat dengan benar, seiring waktu cat akan memiliki kualitas yang menurun, bahkan tidak bisa digunakan lagi. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat Dinding pada Ubin Keramik

Dilansir dari Consumer Reports, Minggu (1/5/2022), cat lateks berbahan air merupakan jenis cat paling populer serta mudah diaplikasikan dan dibersihkan dibanding cat berbasis minyak.

Cat lateks sisa dapat bertahan selama bertahun-tahun, bahkan satu dekade, tetapi bisa juga rusak hanya dalam beberapa bulan.

Baca juga: Ini Alasan Perlu Menggunakan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding 

“Ketika kaleng cat menggembung atau tutupnya mengembang, itu merupakan pertanda buruk,” kata Enrique de Paz, penguji cat di Consumer Reports.

Hal ini diakibatkan mikroorganisme memakan cat dan mengeluarkan gas yang menghasilkan tekanan serta menggembungkan kaleng.

Baca juga: 12 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati Menurut Para Ahli

Bagaimana cara melihat cat masih baik atau tidak?

Ilustrasi cat.SHUTTERSTOCK/NMEDIA Ilustrasi cat.
Selain tutup atau kaleng yang menggembung, tanda-tanda bahwa cat lateks sudah melewati masa pakainya adalah adanya lapisan film tebal seperti karet di atasnya atau cat tidak tercampur dengan baik saat diaduk atau tidak tercampur rata selama 10-15 menit setelah pencampuran.

Meski cat tampak baik-baik saja, sebaiknya mencoba mengecatnya pada selembar karton terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

Untuk memastikan cat lateks masih bagus atau tidak, Anda bisa mengetesnya. Jika dapat mengaplikasikannya dengan mudah menggunakan kuas atau roller, warna cat akan seragam, serta permukaan halus dan bebas dari partikel yang terlihat, artinya cat tersebut masih bisa digunakan. 

Baca juga: 4 Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Memberikan Kenyamanan

Apa yang harus dilakukan dengan cat sisa?

Jika cat lateks masih dalam keadaan bagus, sebaiknya menyimpannya dengan baik dalam wadah kedap udara agar air di dalamnya tidak menguap dan mencegah masuknya mikroorganisme.

Anda dapat menyimpan cat pada kaleng aslinya atau memindahkannya ke stoples bersih dengan tutup, kemudian simpan pada suhu ruangan

Artinya, hindari menyimpan cat di garasi atau gudang karena suhu ekstrem dapat merusak cat. Namun, jika kondisi cat sudah buruk, segera membuanganya karena menyimpannya hanya akan mendatang risiko buruk pada rumah serta kesehatan Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com