Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2022, 10:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tingkah laku yang lucu dan menggemaskan, kucing juga bisa bersikap tidak menyenangkan, salah satunya adalah kucing buang air kecil atau besar di halaman atau taman rumah.

Biasanya, kucing liar lebih cenderung melakukan hal ini karena mereka tidak terbiasa dengan membuang kotorannya di kotak pasir.

Jika seperti itu, dilansir Country Living, Selasa (26/4/2022) ada beberapa cara untuk menangkal kucing liar agar tidak membuang kotoran atau urine di halaman rumah, seperti berikut ini. 

Baca juga: 8 Alasan Kucing Peliharaan Berhenti Menggunakan Kotak Pasirnya

Ilustrasi kucing makan rumputPEXELS/Alex Bargain Ilustrasi kucing makan rumput

1. Penolak bau

Kucing terkenal suka menjelajahi halaman, mencari tempat untuk meninggalkan jejak ketika pemilik rumah tidak melihat. Salah satu cara alami untuk menghentikan mereka meninggalkan endapan di halaman adalah dengan menyebarkan aroma yang tidak mereka sukai. 

Kucing sangat sensitif terhadap penciuman sehingga aroma yang kuat seperti lavender, peppermint, atau kayu manis sangat bagus untuk menjauhkan mereka.

Pilih salah satu aroma tersebut, campur dengan air dan semprotkan di sekitar taman. Meskipun ini hanya pilihan jangka pendek, namun hemat biaya dan tidak beracun.

2. Kulit jeruk

Solusi alami dan sederhana lainnya untuk mengusir kucing dari taman Anda adalah dengan memotong halus buah jeruk (seperti lemon, limau, dan jeruk) dan meletakkannya di sekitar taman. Mirip dengan lavender dan peppermint, kucing tidak menyukai aroma jeruk yang kuat.

Baca juga: Apakah Kutu Kucing Dapat Menular ke Manusia?

Anda juga dapat membuat larutan sendiri dengan memeras buah-buahan ke dalam air jika Anda lebih suka menyemprotkannya di sekitar kebun.

2. Pasang sprinkler yang diaktifkan dengan gerakan 

Opsi ini mungkin lebih mahal daripada yang lain, tetapi ini sangat efektif. Kucing tidak suka basah, jadi alat penyiram yang diaktifkan gerakan yang menyala setiap kali mendeteksi gerakan dan panas hewan sangat bagus untuk dipertimbangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com