Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memperbesar Ruangan? Gunakan Pencahayaan Berlapis

Kompas.com - 19/04/2022, 20:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comRumah berukuran kecil terkadang terasa sesak dan sempit, terlebih jika menggunakan furnitur yang besar dan tebal.

Sayangnya, memperluas rumah kecil tidaklah mudah dilakukan, entah karena keterbatasan lahan yang dimiliki maupun memerlukan biaya yang besar. 

Baca juga: 3 Jenis Pencahayaan untuk Meningkatkan Tampilan Ruang Keluarga

Walhasil, cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi atau menata ulang furnitur serta memperbaiki pencahayaan guna memberi trik visual agar ruangan terasa lebih luas dan lebar.

Terkait dengan pencahayaan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode layering lighting atau pencahayaan berlapis.

Baca juga: 6 Jenis Pencahayaan Terbaik untuk Kamar Tidur dan Fungsinya

“Ada trik pencahayaan yang namanya layering. Teknik ini tidak menggunakan satu jenis lampu,” ujar General Marketing Manager in-Lite, Fransiska Darmawan, dalam pertemuan media secara virtual bertajuk “Virtual Media Briefing: Maximizing Your Tiny House into a Bigger Space” bersama in-Lite, Senin (18/4/2022).

Fransiska mengatakan, jika memiliki satu sumber cahaya saja, pencahayaan sebuah ruangan tidak akan merata.

Karena itu, untuk menciptakan trik visual, metode pencahayaan berlapis dapat digunakan untuk menerangi ruangan secara merata dan membuatnya terlihat lebih terang.

Baca juga: Ragam Keunggulan lampu LED yang Perlu Diketahui

“Di rumah, sebaiknya ada pencahayaan umum dari lampu panel, lampu strip untuk aksen, dan spotlight (untuk pencahayaan berlapis). Spotlight hanya butuh dua titik saja,” ucapnya.

Adapun dua lampu spotlight digunakan untuk menyorot sesuatu yang ingin ditampilkan seperti lukisan, foto keluarga di sebuah dinding, atau televisi.

Kamu dapat menaruh lampu spotlight tepat di atas barang-barang tersebut untuk memberi kesan dimensi pada ruangan.

Baca juga: Lampu Panel, Lampu Plafon Kekinian yang Hemat Ruang dan Minimalis

“Dengan keterbatasan lahan, sulit menciptakan dimensi dari segi furnitur atau tekstur. Gimana cara mengakalinya untuk mendapatkan dimensi? Dengan menambahkan cukup dua lampu spotlight,” tutur Fransiska.

Ketika dua lampu tersebut dinyalakan, cahaya pada dinding akan menampilkan bayangan yang kontras antara gelap dan terang. Dengan demikian, ruangan akan memiliki kedalaman dan terlihat menjadi lebih berkarakter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com