Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 3 Area Persembunyian Kecoak di Kamar Mandi

Kompas.com - 11/04/2022, 13:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan area paling lembap di dalam rumah. Tak heran, kerap muncul banyak hama, salah satunya kecoak

Ini semua tak lain karena adanya air, residu sabun, serta jamur akibat dari kelembapan di kamar mandi. Kondisi ini menjadi tempat paling disukai kecoak untuk berkembang biak. 

Baca juga: Langkah Tepat Membuat Dapur Rumah Bebas Kecoak

Ketika kecoak berkembang biak di kamar mandi, hal ini dapat menyebabkan masalah kebersihan serta kesehatan. 

Lantas, di mana kecoak bersembunyi di dalam kamar mandi?

Dilansir dari Cockroach Facts, Senin (11/4/2022), dengan banyaknya air, bahkan di tempat-tempat yang mungkin tidak Anda duga, kecoak berkembang biak di kamar mandi dan menemukan banyak tempat untuk bersembunyi. 

Berikut beberapa area di kamar mandi yang menjadi tempat persembunyian kecoak.  

Baca juga: 7 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak di Dapur 

Wastafel, bak mandi, dan kloset 

Basmilah kecoa dengan bahan dapur yang relatif efektif dan aman.SHUTTERSTOCK / kaninw Basmilah kecoa dengan bahan dapur yang relatif efektif dan aman.
Kecoak suka bersembunyi di bawah wastafel yang merupakan sumber air yang bagus. Kecoak juga suka bersembunyi di saluran air, pipa, dan celah pada dinding di sekitar pipa. 

Selain itu, kecoak juga menyukai berada di sekitar bathtub atau bak mandi dan kloset lantaran adanya tetesan air dan embun air yang terkumpul.  

Untuk makanannya, kecoak akan memakan sisa sabun, serat tisu toilet, kulit mati, dan rambut rontok yang menumpuk di kamar mandi. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Kecoak dengan Baking Soda dan Gula

Lantai kamar mandi

Kecoak umumnya suka bersembuyi di area bawah kamar mandi seperti lantai kamar mandi. Bila lantai kamar mandi dan dempul di sekitarnya retak, kecoak bisa masuk ke ruang kosong tersebut, lalu berkembang biak di sana. 

Lemari kamar mandi

Area belakang lemari kamar mandi bisa menjadi tempat yang aman bagi kecoak untuk membuat "rumah". Sementara itu, sabun dan tisu toilet menjadi makanananya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com