Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal Kecil yang Dapat Membuat Rumah Terlihat Lebih Berantakan

Kompas.com - 10/04/2022, 09:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir ini, rumah menjadi tempat segala aktivitas. Mulai dari, belajar, bekerja, beristirahat, berkumpul, hingga area bermain bersama keluarga.

Banyaknya kegiatan ini terkadang membuat rumah menjadi cepat kotor serta berantakan. Namun, selain berbagai aktivitas tersebut, ternyata ada beberapa faktor kecil yang turut membuat rumah terlihat lebih berantakan. Apa saja?

Dilansir dari HGTV, Minggu (10/4/2022), berikut delapan hal kecil yang bisa membuat rumah tampak lebih berantakan. 

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Ruang Santai di Rumah 

Rak terbuka 

Ilustrasi rak buku.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi rak buku.
Rak terbuka bisa sangat ramping dan fungsional, tetapi juga bisa menjadi sumber kekacauan sehari-hari di dapur. Kunci untuk mencapai rak impian yang ramping dan sederhana adalah kohesi warna.

Hindari tampilan piring yang tidak serasi dan pilihlah meja makan serba putih untuk memberi kesan bersih serta teratur pada ruangan

Kabel TV yang terurai

Kabel TV yang terbuka dan terurai begitu saja ternyata bisa membuat rumah tampak berantakan. Untuk itu, rapikan kabel dengan menyembunyikannya.

Caranya, gunakan penutup kabel untuk menyembunyikan serta menghalangi pandangan. Dengan menjaga kabel tidak terlihat, ruangan akan langsung terlihat lebih rapi. 

Baca juga: 6 Kesalahan Desain yang Membuat Rumah Tampak Kotor dan Berantakan

Terlalu banyak pola 

Menggunakan terlalu banyak pola pada ruangan dapat memusingkan dan membuat rumah semakin berantakan. Karena itu, perhatikan memilih pola untuk wallpaper, gorden, karpet, dan elemen dekorasi lainnya. 

Pintu masuk 

Ilustrasi area pintu masuk rumahUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi area pintu masuk rumah
Area pintu masuk rumah menjadi titik fokus ketika seseorang atau tamu memasuki rumah Anda.

Saat area ini memiliki banyak barang seperti sepatu, sandal, serta payung, akan menimbulkan efek buruk atau membuat rumah beranatak ketika pandangan pertama.

Untuk mengatasinya, tentukan unit penyimpanan yang dapat menampung semua barang pada ruangan tersebut, dari sepatu bots hingga barang kecil lainnya. 

Baca juga: Hentikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Rumah Berantakan

Tempat tidur yang belum dirapikan

Percaya atau tidak tempat tidur yang berantakan akan membuat kamar tidur tampak kacau secara menyeluruh.

Karena itu, rapikan tempat tidur setelah bangun tidur pada pagi hari. Ini tidak hanya membuat kamar tidur terlihat lebih bersih secara instan, tetapi juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. 

Benda yang berantakan di lantai

Ilustarsi kamar tidur berantakan, ilustrasi cermin di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustarsi kamar tidur berantakan, ilustrasi cermin di kamar tidur.
Ketika banyak barang yang berserakan di lantai, ini bisa membuat tampilan ruangan semakin kacau. Cobalah membuat diri Anda bertanggung jawab dan mengambil apa pun yang terletak di lantai. 

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Ruangan Rumah Terlihat Berantakan

Sisa cucian

Pakaian kotor yang tergeletak lantai atau berserakan di kamar tidur membuat tampilan rumah terlihat berantakan.

Untuk itu, kumpulkan sisa cucian dan letakkan di keranjang cucian sehingga dapat menampilkan ruangan yang lebih tertata.  

Baca juga: 6 Benda Rumah Tangga yang Dapat Dibersihkan dengan Lemon

Meja dengan banyak barang

Bersihkan meja dari tumpukan barang-barang. Letakkan barang-barang ini ke dalam ruang penyimpanan demi membuat rumah terlihat rapi.

Anda bisa membuat penyimpanan di bawah wastafel, sepanjang dinding, bahkan memindahkan barang-barang ke tempat lain di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber HGTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com