Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Tanaman Pembawa Rezeki dan Keberuntungan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 09/04/2022, 19:46 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu sedang mencari tanaman untuk menghias area sudut rumah? Apasalahnya memelihara tanaman yang tak hanya terlihat cantik namun juga dapat menarik energi positif.

Menurut feng shui, ada beberapa jenis tanaman yang identik dengan kekayaan, keberuntungan dan kemakmuran. Kamu bisa meletakkannya di area sudut rumah, meja kerja ataupun area teras untuk mempercantik tampilan rumah.

Melansir dari Petal Republic, Sabtu (9/4/2022), berikut ini adalah 6 pilihan tanaman yang bisa kamu tanam di rumah untuk menarik energi positif beruba keberuntungan dan kekayaan.

Baca juga: Cara Membuat Tanaman Palsu Menjadi Dekorasi yang Menarik

Rubber plant

Rubber plant atau tanaman karet dipercaya dapat menarik kekayaan, keberuntungan dan kemakmuran menurut feng shui. Tanaman ini bisa kamu tanam didalam maupun diluar rumah.

Selalu pastikan ia mendapatkan sinar matahari cerah, tanah lembab merata dan wadah yang kering. Dalam ruangan rubber plant bisa tumbuh 8 hingga 11 kaki, namun pada habitat asli tanaman ini bisa tumbuh hingga 100 kaki.

Tempatkan pada area ruangan yang cukup besar, pada ruangan kecil rubber plant bisa menghalangi energi atau bahkan menarik terlalu banyak energi.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Apartemen

Citrus tree

Ilustrasi tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia). SHUTTERSTOCK/PISITPONG2017 Ilustrasi tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia).

Semua tanaman yang menghasilkan buah dianggap membawa keberuntungan menurut feng shui, bahkan jika ia tidak benar-benar mekar atau berbuah. Beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan adalah berbagai tanaman jeruk seperti lemon, jeruk nipis atau jeruk bali.

Pohon jeruk membutuhkan sinar matahari langsung dan terang sebanyak mungkin setiap hari, sebaiknya beri lebih dari 6 jam sinar matahari. Jika kamu tidak memiliki cukup sinar matahari, sebaiknya pilih jenis tanaman lain. Karena tanaman citrus yang mati dapat menghasilkan energi negatif.

Baca juga: Simak, Manfaat Merawat Tanaman untuk Kesehatan Mental

Ginseng ficus

Tanaman ini masih merupakan keluarga dari pohon ara yang menghasilkan buah. Selain membawa keberuntungan, tanaman ini juga dapat memurnikan udara. Tanaman ini biasa dibudidaya dalam bentuk bonsai dengan bentuk batang yang tebal dan bulat.

Dari batang-batang inilah tumbuh cabang dengan daun yang berbentuk bulat telur. Pastikan untuk meletakkan tanaman ini dibawah sinar matahari penuh dengan tanah yang lembab merata.

Baca juga: Tanaman yang Menetralkan Bau di Dalam dan Luar Rumah

Jade plant

Jade plant yang memiliki daun menyerupai giok ini dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kekayaan. Jade plant masih merupakan jenis sukulen dengan daun bulat dan batang coklat kokoh yang terlihat seperti batang pohon kecil.

Jika kamu memiliki tanaman jade plant, pastikan untuk memberinya sinar matahari setidaknya 6 jam sehari. Gunakan pot dengan drainase baik agar sisa air bisa mengalir dan tidak menggenang.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pot Plastik untuk Tanaman

Aloe vera

Ilustrasi tanaman lidah buaya atau Aloe vera.UNSPLASH/JORDAN MORRIS Ilustrasi tanaman lidah buaya atau Aloe vera.

Pada umumnya tanaman yang berduri dikaitkan dengan energi negatif pada feng shui, namun tidak dengan tanaman aloe vera. Tanaman ini justru dapat menarik energi positif dan keberuntungan ke dalam rumah. Hal ini karena ia dikenal memiliki efek menyembuhkan yang berhubungan dengan kesehatan.

Agar aloe vera dapat tumbuh dengan baik, berikan tanaman ini banyak sinar matahari langsung. Siram hanya sekali setiap 2 hingga 3 minggu pada musim panas, siram lebih sedikit saat musim dingin.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya agar Tumbuh Subur

African violet

Bunga violet Afrika memiliki daun berbentuk bulat yang melambangkan kekayaan, dengan permukaan daun lembut dan berbulu. Tanaman ini juga memiliki bunga berwarna ungu yang erat kaitannya dengan kemakmuran.

Jika kamu berniat untuk memelihara tanaman ini, sebaiknya lakukan perawatan secara maksimal karena tanaman ini sulit tumbuh. Siram tanaman secara teratur, pastikan tanaman tidak kelebihan atau kekurangan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com