Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2022, 15:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca dingin, banyak pemilik rumah yang memilih menutup jendela  untuk menghalau udara dingin masuk ke rumah. Namun, hal ini membuat rumah menjadi pengap dan berbau.

Untuk mengharumkan rumah, tidak selalu menggunakan penyegar udara komersial. Anda bisa menggunakan tanaman hias beraroma yang dapat mengharumkan ruangan sekaligus mempercantik tampilan rumah. 

Baca juga: 4 Tanaman Aromatik untuk Mengusir Kutu di Halaman

Penelitian University of Georgia, Amerika Serikat, menunjukkan ada banyak tanaman hias yang dapat mengurangi tingkat polutan dalam ruangan dan membuang kontaminan di udara seperti senyawa organik yang mudah menguap. 

Dilansir dari  Bobvila, Rabu (6/4/2022), berikut enam tanaman aromatik yang dapat mengharumkan rumah. 

Baca juga: Tanaman Aromatik yang Cocok Ditempatkan di Dapur 

Melati

Melati bisa ditanam di dalam rumah atau di pekarangan agar terkena air hujan.Pixabay/Capri23auto Melati bisa ditanam di dalam rumah atau di pekarangan agar terkena air hujan.
Bawa suasana tropis ke rumah dengan tanaman melati yang bearoma harum. Meski tidak semua varietas memiliki wewangian, melati putih (Jasminum polyanthum) memilikinya dan akan mekar dan mengharumkan ruangan sepanjang musim dingin.

Tanaman bunga melati juga tidak rewel. Tanaman ini menyukai tanah berpori dan berdrainase baik, lingkungan yang agak lembab, dan jumlah cahaya yang cukup (yang tidak perlu terkena sinar matahari langsung).

Pertimbangkan meletakkan melati di penanam gantung sehingga akan tumbuh menjadi jalur melilit yang indah.  

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati agar Tumbuh Subur

Lavender

Lavender (Lavendula) memiliki aromanyang terkenal menenangkan. Tak heran, menjadikan pilihan yang cocok untuk kamar tidur atau ruangan bersantai lainnya di rumah.

Rawat tanaman lavender dengan memberi banyak cahaya, jauhkan dari angin, dan biarkan sedikit mengering di antara penyiraman. Sayangnya, lavender beracun bagi kucing dan anjing

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Lavender agar Cepat Berbunga

Mint 

Bukan hanya memiliki bau yang dibenci kucing, mint juga bisa beracun bagi hewan kesayangan kita. UNSPLASH/ELEANOR CHEN Bukan hanya memiliki bau yang dibenci kucing, mint juga bisa beracun bagi hewan kesayangan kita.
Mint (Mentha) adalah ramuan abadi yang pertama kali digunakan pada zaman kuno sebagai pengharum ruangan. Daunnya yang bergerigi cerah menambah aroma menyegarkan dan dapat digunakan untuk makanan serta minuman. 

Spearmint adalah salah satu varietas mint paling populer. Tanaman mint membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik, jendela yang menghadap ke timur, serta menjaganya tetap lembap tanpa terlalu banyak air

Namun, minyak esensial dalam mint beracun bagi anjing dan kucing, kemungkinan menyebabkan masalah perut jika dimakan dalam jumlah besar.

Baca juga: 5 Manfaat Mint untuk Kehidupan Rumah Tangga, Apa Saja? 

Begonia

Ilustrasi begoniaUnsplash/Robin Jonathan Deutsch Ilustrasi begonia
Tanaman begonia menghasilkan bunga merah muda yang cantik sepanjang tahun dan bisa mempercantik ruangan dengan aroma yang lembut.

Tanaman begonia menyukai sinar matahari parsial, tetapi sangat menghargai kelembapan. Namun, begonia bisa menjadi masalah serius bagi hewan peliharaan. 

Baca juga: 5 Tanaman untuk Meningkatkan Energi Positif di Dalam Rumah

Jeruk

Pohon jeruk dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Bunga putih kecil dan buahnya membawa aroma asam manis, tetapi tidak terlalu menyengat.

Halaman:
Sumber Bobvila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com