Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2022, 19:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan gulma di halaman rumah dan kebun tidak bisa dihindari. Untuk mengatasinya, banyak orang memilih menggunakan produk berbahan kimia yang sering ditemukan di pasaran.

Namun, produk ini berbahaya bagi hewan peliharaan. Bahkan herbisida yang disebut alami dan ramah lingkungan dapat membahayakan hewan bila digunakan secara tidak tepat, terutama jika memiliki anjing yang suka menggali dan berguling di halaman rumput dan kebun. 

Baca juga: Mengenal Ketumpang Air, Gulma yang Jadi Tanaman Obat Berbagai Penyakit

Zat-zat itu bisa masuk ke cakar dan bulu hewan peliharaan, yang kemudian bisa dijilat dan masuk ke tubuh hewan saat merawat dirinya. 

Sebagai alternatif, dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (30/3/2022), berikut beberapa cara aman membasmi gulma di kebun.  

Mencabut dengan tangan 

Ilustrasi gulma, Ilustrasi membasmi gulma di kebun.Shutterstock/damiangretka Ilustrasi gulma, Ilustrasi membasmi gulma di kebun.
Cara paling efektif membasmi gulma di kebun tanpa bahan kimia adalah mencabutnya dengan tangan. Ini bisa menjadi pekerjaan melelahkan, tetapi cara terbaik memastikan akar gulma menghilang.

Selain itu, metode ini juga berkelanjutan dan selektif atau hanya tanaman yang dibunuh yang akan rusak. Kebanyakan herbisida ramah lingkungan dan metode pembunuhan gulma tidak selektif. Herbisa ini akan membunuh atau merusak tanaman apa pun yang disentuhnya. 

Baca juga: 4 Langkah Membasmi Gulma Menggunakan Air Panas 

Gunakan mulsa

Gulma membutuhkan sinar matahari untuk berkembang. Dengan membatasi akses gulma ke cahaya, dapat membuatnya mati. 

Selain itu, lapisi sekitar tujuh sampai 12 sentimeter mulsa organik seperti serpihan kayu atau jarum pinus untuk memungkinkan air dan udara masuk.

Sebarkan mulsa di atas bedeng taman untuk membantu tanaman dewasa tumbuh subur sambil menjauhkan gulma baru.

Jika pembunuhan tanaman secara luas diperlukan, seperti saat membuat taman baru, letakkan terpal plastik buram, lapisan karton, atau sisa karpet di atas area Anda ingin membunuh semua tanaman.

Biarkan di tempat sekitar empat sampai enam minggu selama musim tanam untuk menyelesaikan pekerjaan. Hindari mengolah tanah sesudahnya untuk mencegah benih gulma yang terkubur berkecambah. 

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Gulma di Taman 

Cuka hortikultura

Ilustrasi menghilangkan gulma di halaman rumah. PIXABAY/COULEUR Ilustrasi menghilangkan gulma di halaman rumah.
Cuka, dalam bentuk pekat untuk penggunaan herbisida, dapat membunuh tanaman yang masih muda dan lunak.

Ini non-selektif sehingga akan merusak rumput serta gulma. Cuka mengandung asam kuat sehingga perlu menghindarinya menyentuh kulit seperti mengenakan sarung tangan. Biarkan hal itu mengering sebelum hewan peliharaan berjalan di area yang dirawat.

Baca dan ikuti petunjuk label dengan cermat. Cuka hortikultura bekerja dengan baik untuk retakan di trotoar atau jalan masuk.

Ini hanya merusak jaringan tanaman yang disentuhnya sehingga perlu mengaplikasikannya secar berulang untuk menghancurkan gulma yang sudah ada.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com