Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membuat Taman Bernuansa Tropis Seperti di Bali

Kompas.com - 30/03/2022, 13:12 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu adalah salah satu penggemar nuansa tropis ala resort di Bali, tak ada salahnya untuk membawa suasana ini ke hunianmu.

Memiliki taman dengan suasana tenang dan nyaman adalah impian semua orang. Ciri khas taman bali yang kental akan unsur alam dan privasi ini sangat cocok untuk mu yang ingin bersantai dirumah namun dengan nuansa liburan.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (30/03/2022), ada beberapa elemen wajib untuk menciptakan taman bernuansa tropis khas bali. Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa kamu aplikasikan pada taman di hunianmu.

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Taman di Rumah

Pemilihan tanaman tropis

Taman ala Bali identik dengan tanaman yang rimbun dan teduh. Selain berfungsi untuk meneduhkan, tanaman yang rimbun juga digunakan sebagai pagar untuk menambah privasi rumah.

Ada beberapa tanaman khas yang bisa kamu tanam seperti teratai, heliconia atau pisang hias, kamboja dan berbagai jenis crotons.

Baca juga: 5 Cara Mendesain Balkon Kecil Menjadi Taman Hijau yang Asri

Unsur kayu

Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menggunakan unsur kayu dan bambu dengan menambahkan gazebo.

Namun jika halaman tidak cukup luas, kamu bisa memasukkan unsur kayu pada kursi dan meja taman. Gunakan pula kursi dan meja dengan ukiran khas Bali untuk menambah kesan yang kuat.

Baca juga: 4 Cara Membuat Tempat Spa di Taman Rumah

Ukiran batu alam

Pengrajin sedang membuat ukiran daun lontar. DOK. Humas Kemenparekraf Pengrajin sedang membuat ukiran daun lontar.

Batu alam dapat membuat suasana taman menjadi sejuk dan nyaman. Kamu bisa menggunakan batu taman di area jalan atau sebagai batu pijakan.

Selain itu, tambahkan pula ukiran dan patung khas bali yang terbuat dari pahatan batu.kamu juga bisa menggunakan lampu taman dengan kap berbahan batu. Letakkan pahatan batu ini di area rumput atau di sudut taman untuk mempercantik tampilannya.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Mendesain Taman yang Sering Dilakukan

Kolam ikan atau pot teratai

Agar taman menjadi lebih segar dengan tambahan unsur air, kamu bisa menggunakan pot teratai yang diletakkan di kanan dan kiri pintu masuk.

Biasanya pot teratai ini terbuat dari pahatan batu yang tentunya akan mempercantik dan menambah kesan Bali yang lebih kuat.

Jika kamu memiliki area taman yang cukup luas, kamu bisa menambahkan kolam yang berisi ikan mas atau koi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com