Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bekas Lekukan Furnitur pada Karpet dengan Es Batu

Kompas.com - 28/03/2022, 15:32 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pelengkap sekaligus dekorasi ruangan, sering kali karpet menjadi alas bagi beragam furnitur di rumah seperti meja, kursi, sofa, dan lemari. 

Walhasil, terdapat bekas lekukan pada permukaan karpet. Namun, bekas lekukan ini masih saja terlihat meski karpet tidak lagi digunakan sebagai alas atau furnitur sudah. Tentu saja, lekukan ini membuat tampilan karpet kurang menarik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Wol agar Bebas Debu

Dikutip dari The Spruce, Senin (28/3/2022), untuk menghilangkan bekas furnitur pada permukaan karpet dapat dilakukan dengan menggunakan es batu.

Es batu menjadi cara paling murah mengembalikan bentuk karpet seperti semula dan menghilangkan lekukan bekas furnitur. 

Serat-serat di dalam karpet menyerap cairan dari es batu yang meleleh. Saat serat yang terkompresi menyerap cairan, ini akan membuatnya mengembang kembali ke bentuk aslinya.

Meski demikian, untuk melakukan cara ini, Anda membutuhkan bantuan peralatan dapur atau jari supaya serat-serta karpet kembali ke bentuk semula.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Baking Soda Sebagai Pembersih Karpet

Cara membuat karpet rata kembali

Ilustrasi karpet - Lekukan bekas furnitur di permukaan karpet.SHUTTERSTOCK / Sasima Ilustrasi karpet - Lekukan bekas furnitur di permukaan karpet.
Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menghilangkan bekas lekukan furnitur pada permukaan karpet seperti handuk, penyedot debu atau pengering rambut, dan es batu. 

Untuk melakukannya, tutupi lekukan bekas furnitur dengan es batu sebanyak mungkin. Tergantung ukuran lekukan dan tebal karpet, kamu perlu menunggu selama beberapa jam melakukan cara ini.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Noda Karpet yang Membandel dan Sulit Dihilangkan

Ketika es batu sudah mencair, tekan area bekas furnitur dengan handuk untuk menyerap air yang berlebihan. Langkah ini sangat diperlukan untuk karpet berbahan cukup tebal.

Selanjutnya, gunakan jari atau garpu untuk mengempukkan atau mengembangkan serat karpet yang terkompresi. 

Gunakan penyedot debu atau pengering rambut pada area tersebut untuk memastikan bahwa semua cairan dan kelembapan keluar dari karpet serta serat karpet berdiri dengan baik.

Baca juga: Cara Terbaik Menyingkirkan Permen Karet yang Menempel di Karpet

Apabila cara ini gagal diterapkan dan bekas furnitur tetap terlihat pada permukaan karpet, kamu dapat menghubungi jasa pembersih karpet profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com