Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Induk Kucing Menyusui Anaknya? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/03/2022, 20:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melahirkan, kucing betina atau induk kucing akan menyusui sang anak dan berakhir saat anak kucing sudah bisa makan sendiri.

Lantas, berapa lama induk kucing akan menyusui anaknya dan kapan persediaan susu  tersebut akan habis? 

Baca juga: 7 Hal yang Membuat Bulu Kucing Berubah Warna

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (25/3/2022), kucing bisa hamil sebelum berusia satu tahun dan menjalani masa kehamilan sekitar dua bulan.

Proses menyusui akan dimulai ketika induk kucing melahirkan anaknya. Biasanya, induk kucing memiliki delapan puting susu dan semuanya akan menghasilkan susu.

Kucing yang tidak hamil, bahkan dimandulkan, dapat menghasilkan susu dan ini disebut kehamilan palsu atau pseudopregnancy

Baca juga: Alasan Kucing Menyembunyikan Rasa Sakit dan Cara Mengatasinya

Hormon dalam tubuh kucing mengontrol produksi susu. Jika kucing peliharaan tidak hamil, tetapi sedang menyusui, jangan biarkan kucing berpura-pura menyusui barang-barang seperti mainan atau kaus kaki karena ini akan memperpanjang kehamilan semu.

Ketika hamil, kucing akan mengalami pembengkakan pada putingnya sekitar pertengahan kehamilan, tetapi mereka tidak akan mulai menyusui sampai beberapa hari sebelum melahirkan.

Nafsu makan induk kucing akan meningkat selama kehamilan untuk memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan guna memproduksi susu.

Begitu saat melahirkan, anak kucing perlu menerima susu pertama yang dihasilkan induk kucing atau disebut kolostrum.

Kolostrum kaya akan nutrisi dan antibodi yang membantu mendukung sistem kekebalan anak kucing yang belum matang. 

Baca juga: Scabies pada Kucing Tidak Boleh Dibiarkan, Ini Risiko yang Mengancam 

Menyapih anak kucing

Ilustrasi induk kucing sedang menyusui anak-anaknya. SHUTTERSTOCK/SMILE19 Ilustrasi induk kucing sedang menyusui anak-anaknya.
Setelah anak kucing menyusu sekitar satu bulan, induk kucing akan mulai menyapih anaknya. Makanan dengan tekstur cair harus diberikan kepada anak kucing selama masih memiliki kemampuan menyusu dari induknya.

Selama enam minggu ke depan, secara perlahan, anak kucing akan makan lebih banyak mengonsumsi makanan kucing dan sedikit menyusu.

Makanan anak kucing akan berubah dari cair menjadi makanan kaleng encer, makanan kaleng biasa, kemudian kibble atau makanan kering yang dibasahi, dan akhirnya kibble keras selama waktu penyapihan hingga siap meninggalkan induknya pada usia 12 minggu.

Anda harus membatasi waktu yang dimiliki anak kucing untuk menyusui jika makan sendiri. Jika anak kucing makan sendiri dengan baik, tetapi masih ingin banyak menyusu, Anda harus membatasi anak kucing mendekati induknya selama beberapa hari. 

Baca juga: Simak, Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Berjerawat 

Pasokan susu induk kucing 

Ilustrasi kucing betina yang baru melahirkan, induk kucing sedang menyusui anak-anaknya. SHUTTERSTOCK/TERESA JANE Ilustrasi kucing betina yang baru melahirkan, induk kucing sedang menyusui anak-anaknya.
Sangat penting bagi induk kucing menghasilkan susu yang cukup untuk anaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com