Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2022, 18:03 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sofa dengan pelapis kain velvet atau beludru menjadi pilihan untuk mempercantik hunian. Jenis kain ini memiliki permukaan lembut sehingga nyaman saat diduduki.

Selain itu sofa ini memiliki tampilan yang elegan dengan warna-warna menarik yang bisa kamu pilih sesuai dengan desain rumah.

Meskipun nyaman dan elegan, sofa berbahan beludru rentan terhadap kotoran, debu dan noda. Terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Bulu-bulu mereka mungkin akan menempel di permukaan sofa.

Baca juga: 4 Tips Menata Sofa Berwarna Biru

Melansir dari Cleaner Cleaner, Minggu (20/3/2022), untuk mengetahui cara merawat sofa beludru dengan benar sebaiknya kenali dulu bahannya. Ada beberapa jenis kain beludru baik sintetis maupun alami.

Beludru serat alami akan jauh lebih halus daripada beludru sintetis. Jika sofa beludru mu terbuat dari bahan sintetis, kamu dapat membersihkannya dengan uap tanpa masalah di rumah.

 

Hal ini karena beludru sintetis lebih tahan lama dan tidak mudah kusut, pudar, dan rusak daripada beludru serat alami.

Jika beludru terbuat dari bahan alami, sebaiknya kamu menggunakan jasa pembersih jok profesional untuk menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: Cara Memperbarui Tampilan Sofa yang Berubah Warna

Perawatan rutin sofa beludru

Ilustrasi sofa biruFREEPIK.COM/ALEXANDERCHO Ilustrasi sofa biru

Perawatan sofa berbahan velvet atau beludru sebenarnya cukup simple dan mudah. Agar sofa beludru awet, sebaiknya dilakukan perawatan secara rutin setiap minggu. Berikut ini tips yang bisa menjadi referensi mu.

  • Saat kamu menyedot debu lantai dan karpet, pastikan pula untuk menyedot debu di permukaan sofa.bersihkan sofa dari remahan kotoran, debu maupun bulu hewan peliharaan yang menempel.
  • Gunakan sikat khusus beludru untuk membersihkan sofa. Sikat sofa searah dengan tenunan kain beludru akan terlihat lebih cantik dan rapi.
  • Jika terdapat noda lama yang sulit hilang, kamu bisa menggunakan alat pembersih uap. Namun jika kamu kurang yakin dengan ketahanan material sofa, sebaiknya panggil jasa pembersih profesional. Mereka akan membersihkan sofa dengan metode dry cleaning yang tidak akan merusak furnitur cantik ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Karat di Baju, Sofa, dan Karpet

Tips menghilangkan kotoran

Ilustrasi sofa beludruUNSPLASH/ Phillip Goldsberry Ilustrasi sofa beludru

Jika kamu memiliki anak-anak atau hewan peliharaan di rumah, permukaan sofa akan lebih rentan kotor sebaiknya segera bersihkan noda sesaat setelah ia menempel, noda yang sudah mengering seringkali lebih sulit untuk dibersihkan. Jika ada noda yang sulit hilang sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Saat ada tumpahan noda ataupun kotoran, gunakan kain lap bersih yang mudah menyerap. Letakkan di atas noda dengan hati-hati. Jangan menggosok atau mengoleskannya, karena noda akan lebih cepat menyerap ke serat kain. Biarkan selama 5-10 menit agar noda terserap dengan maksimal.
  • SIapkan wadah lalu isi dengan 100 ml sari lemon dan 1 sdm soda bikarbonat. Campuran ini akan mengeluarkan suara mendesis dan berbusa. Celupkan kain ke bagian busa larutan dan oleskan ke noda.
  • Selain lemon dan soda bikarbonat, kamu bisa menggunakan 50ml air dan beberapa tetes cairan pembersih. Aduk dengan gerakan cepat untuk membuat busa dan gunakan hanya busanya saja untuk membersihkan pelapis beludru.
  • Setelah membersihkan noda dengan larutan, lap dengan kain bersih hingga tidak terlalu basah lagi lalu biarkan ia mengering.
  • Setelah kering, sedot menggunakan penyedot debu untuk membersihkan permukaannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com