Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2022, 07:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di rumah terlalu lama bisa menyebabkan rasa bosan dan jenuh. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengelola rasa jenuh dengan melakukan hobi selama di rumah. 

Namun, melakukan hobi ini tentu memerlukan beberapa peralatan khusus, aksesoris, hingga perabotan. Maka itu, untuk menyalurkan hobi di rumah, Anda bisa berkreasi dengan membuat suatu ruangan khusus sebagai area hobi keluarga. 

Baca juga: Ingin Membuat Ruang Kerja di Rumah? Dahulukan Membeli Kursi Ergonomis

Ruangan khusus ini penting agar bisa lebih fokus menyalurkan hobi dan
memudahkan penataan barang-barang hasil kreasi tanpa mengganggu estetika rumah.

Dikutip dari keterangan resmi IKEA Indonesia, Sabtu (12/3/2022), berikut beberapa ide dan rekomendasi produk dari IKEA untuk menciptakan area hobi di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Cegah Perilaku Food Waste dan Food Loss ala IKEA Indonesia

Penataan barang 

Ilustrasi LENNART Rak penyimpanan IKEA Dok/IKEA INDONESIA Ilustrasi LENNART Rak penyimpanan IKEA
Menyusun barang sesuai dengan kategori akan membantu area hobi tertata dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia karena harus mencari peralatan hobi.

Anda bisa menata peralatan hobi sesuai dengan warna dan jenis dalam rak khusus yang tersusun rapi sehingga mudah ditemukan. 

Memiliki desain minimalis yang dapat menyesuaikan tema ruangan, rak penyimpanan dari seri LENNART dan papan berlubang SKÅDIS dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang kesulitan menyimpan peralatan hobi di rumah.

Rak ini dibanderol seharga Rp249 ribu dan papan berlubang SKÅDIS seharga Rp179 ribu. IKEA juga menyediakan serangkaian wadah kecil yang bisa digantung pada papan SKÅDIS sebagai tempat penyimpanan dan dapat diatur sesuai kebutuhan. 

Baca juga: 5 Aksesori Meja Kerja yang Dapat Menunjang WFH dari IKEA

Atur pencahayaan yang sesuai

Ilustrasi lampu TÅGARP dari IKEA Dok/IKEA INDONESIA Ilustrasi lampu TÅGARP dari IKEA
Pencahayaan menjadi faktor penting untuk diperhatikan karena dapat menciptakan suasana lebih hidup dan meningkatkan imajinasi untuk menyalurkan hobi. 

Bagi Anda yang memiliki ruangan dengan pencahayaan terbatas, dapat menyiasatinya dengan menggunakan lampu tambahan. Misalnya, lampu TÅGARP dari IKEA. Lampu lantai dua tangkai ini dapat menciptakan suasana nyaman di rumah.

Salah satu tangkainya dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti membaca atau menjadi alternatif pencahayaan tambahan di area hobi tanpa harus mengubah tatanan pencahayaan yang bersifat permanen. Untuk memilikinya, Anda perlu meorogoh kocek Rp249 ribu. 

Baca juga: 4 Jenis Lampu yang Biasa Digunakan Setiap Ruangan di Rumah 

Hadirkan inspirasi melalui wall art

Banyak orang memiliki ketertarikan berlebih akan hobinya, bahkan tidak sedikit yang memiliki banyak koleksi hobi dipajang di rumah.

Untuk rumah tidak berantakan dan terlihat estetik, Anda bisa menyisihkan sedikit ruang pada dinding area hobi untuk memajang koleksi maupun inspirasi hobi sebagai wall art.

Anda bisa menambahkan ambalan dari seri MOSSLANDA. Ambalan seharga Rp99.900 ini memiliki berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan desain area hobi di rumah. 

Baca juga: 5 Zodiak yang Hobi Menjaga Kebersihan dan Kerapian Rumah 

Tambahkan tanaman hias

Untuk menambah nuansa segar dan alami di area hobi, tambahkan tanaman hias yang mudah dirawat seperti kaktus koboi atau CEREUS PERUVIANUS 15 seharga Rp69.900 dari IKEA.

Selain itu, Anda bisa menggunaka  pot cantik seperti seri DRÖMSK seharga Rp29.900 untuk meletakkan tanaman hias.  

Baca juga: Pemutih Terbukti Tidak Efektif Membasmi Jamur di Rumah, Ini Solusinya

Sediakan tempat duduk yang nyaman

Untuk mendukung fokus saat menyalurkan hobi, Anda memerlukan bahan dudukan yang
lembut. Gunakan kursi yang nyaman dengan bantalan empuk untuk menambah kenyamanan saat harus duduk dalam waktu lama.

Sebuah bangku kaki dengan penyimpanan dari seri BOSNÄS seharga Rp295 ribu ini dapat menjadi pilihan untuk menunjang kegiatan hobi di dalam rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com