Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Langkah Aman Menyingkirkan Sarang Lebah di Rumah

Kompas.com - 11/03/2022, 14:53 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Lebah merupakan salah satu serangga bermanfaat yang memiliki peranan yang penting bagi kebun. Mereka membantu penyerbukan sehingg membuatmu bisa menikmati hasil panen dari buah dan juga sayur.

Namun seringkali lebah masuk dan bersarang di dalam rumah kita. Jika teraganggu mereka mungkin akan menyengatmu dan juga hewan peliharaanmu.

Lebah yang membentuk koloni di area rumah dengan sarang yang semakin besar tentunya membuat kita khawatir dan ingin segera menyingkirkannya.

Baca juga: 4 Cara Mengundang Lebah ke Taman untuk Membantu Penyerbukan Tanaman

Melansir dari Terminix, Jumat (11/3/2022), berikut 6 langkah tepat menyingkirkan sarang lebah di atap rumah agar tidak tersengat.

Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan tenaga pengendali hama untuk mengatasi masalah ini.

Berikan ruang untuk lebah

Sebelum menyingkirkan sarang lebah, sebaiknya lakukan secara hati-hati karena hewan ini bisa menyengat.

Mereka akan menyengat jika saran dan ratu mereka terganggu atau terancam. Lebah-lebah biasanya mengelilingi ratu dan menempel di batang pohon ataupun pagar. Waspadai daerah ini jika tidak ingin tersengat.

Baca juga: 7 Hama Menguntungkan bagi Taman, dari Lebah hingga Ular

Jauhkan hewan peliharaan dan orang lain yang alergi dengan sengatan lebah

Jika sarang lebah terdapat di area rumah, sebaiknya jauhkan hewan peliharaan, anak-anak atau anggota keluarga lain yang sensitif terhadap sengatan lebah. Jika terdapat sarang lebah di dalam rumah, cobalah untuk mengisolasi area tersebut.

Cari tahu darimana lebah itu berasal

Ilustrasi sarang tawon. PIXABAY/NATURE-PIX Ilustrasi sarang tawon.

Jika sarang lebah terletak di dalam rumah, cobalah untuk mengidentifikasi di mana lebah masuk. Namun, jangan mencoba untuk memblokir akses ke sarang, karena ini dapat menyebabkan lebah melarikan diri ke area lain di rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Lebah Pemotong Daun dari Tanaman Bunga Mawar

Hindari menggunakan insektisida semprot atau perangkap

Sebelum kamu menyemprot lebah dengan cairan insektisida atau menggunakan perangkap, sebaiknya perhatikan hal berikut ini.

Pemusnahan lebah sulit dilakukan karena beberapa alasan, salah satunya ialah EPA melarang penggunaan beberapa jenis insektisida di dekat lebah.

Menyemprot lebah dengan insektisida bisa menjadi tindakan ilegal. Jika kamu mencoba menangkap mereka didalam perangkap, sisa lebah akan marah dan mungkin akan mulai menyengatmu.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman dan Manusiawi

Hubungi profesional untuk menangani pemindahan lebah

Jika jenis lebah yang bersarang di rumah merupakan lebah madu, mungkin kamu bisa minta tolong peternak lebah madu untuk membereskan masalah ini.

Kamu bisa emncari peternak lebah madu setempat untuk membantumu mengatasi sarangnya. Untuk spesies lebah lain, atau sarang lebah dalam ruangan yang besar, kamu mungkin memerlukan konsultasi dengan ahli manajemen hama.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas agar Tidak Bau dan Jadi Sarang Kuman

Bersihkan sisa sarang dan perbaiki kerusakan

Sisa sarang lebah bisa saja meninggalkan madu atau residu lain yang dapat menarik serangga lain untuk datang. Untuk itu pastikan untuk membersihkan sisa sarang dan area di sekitarnya. Perbaiki dinding yang rusak dan antisipasi lebah lain datang dengan menutup dinding yang bolong atau atap yang bocor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com