Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Selalu Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah Anda

Kompas.com - 09/03/2022, 08:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membereskan dan merapikan rumah sepertinya menjadi tugas yang berat dan melelahkan. Namun, mau tidak mau, rumah harus rutin dibersihkan, terlebih bila ada tamu yang akan berkunjung.

Pasalnya, tamu akan memperhatikan setiap area di rumah dengan teliti meski Anda mungkin dapat menutup mata terhadap kekacauan tersebut. 

Dikutip dari Homes to Love, Rabu (9/3/2022), berikut lima hal yang tidak luput dari perhatian tamu saat berkunjung ke rumah Anda. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Tips Cepat dan Mudah Merapikan Rumah

Area pintu masuk rumah

Ilustrasi area pintu masuk rumahUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi area pintu masuk rumah
Pintu masuk rumah adalah kesan pertama yang didapat pengunjung saat berkunjung ke rumah Anda. Karena itu, pastikan area ini selalu bersih dan rapi.

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu dan menumpuk di area pintu masuk rumah seperti sepatu.

Selain itu, ganti keset dengan yang baru, buat tempat bagi pengunjung untuk melepas sepatu, meletakkan tas, serta letakkan bunga segar atau tanaman dalam ruangan untuk menyegarkan ruangan. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Skema Warna Terbaik untuk Ruang Tamu 

Aroma rumah 

Anda mungkin tidak mengira jika rumah berbau, tetapi itu adalah hal pertama yang akan diperhatikan tamu, baik itu aroma wangi maupun bau tidak sedap. 

Karena itu, gunakan lilin beraroma atau minyak esensial untuk menciptakan aroma harum dan menenangkan sekaligus menghilangkan bau dari rumah. 

Cara lain mengatasi bau adalah membuka pintu dan jendela untuk menghirup udara segar, gunaka pengharum ruangan, letakkan bunga segar, atau merebus air dan kulit jeruk untuk memberikan aroma segar di rumah. 

Baca juga: Ada Tamu Datang? Ini 6 Cara Merapikan Rumah Secepat Kilat

Barang yang berantakan 

Kekacauan atau barang-barang yang berantakan di rumah mejadi hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung. 

Untuk itu, pastikan membereskan semua kekecauan tersebut. Jika tidak punya waktu  mengembalikan semuanya ke tempatnya yang benar, lemari linen atau cucian adalah tempat persembunyian yang luar biasa. 

Cara lain menyimpanan mainan anak-anak di keranjang sederhana dan bergaya, buat laci untuk menyimpan surat-surat, tagihan, dan berkas lainnya. 

Singkirkan tumpukan cucian yang menunggu dilipat atau dicuci serta bersihkan tempat-tempat sosial seperti meja makan dan bangku dapur. 

Baca juga: Warna Cat yang Harus Dihindari untuk Ruang Tamu Menurut Ahli

Kamar mandi yang kotor 

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi tirai shower.SHUTTERSTOCK/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi tirai shower.
Bila harus atau memiliki waktu untuk membersihkan satu ruangan di rumah, segera membersihkan kamar mandi.

Kamar mandi yang kotor tidak hanya tidak sehat, tetapi juga terkesan tidak terawat. Bersihkan wastafel dan meja rias, gosok kloset, bersihkan cermin, isi ulang kertas toilet, serta letakkan tempat sabun yang menarik dan lilin aromaterapi yang wangi.  

Baca juga: 9 Tips Mudah dan Cepat Merapikan Rumah Ketika Tamu Datang 

Bulu hewan peliharaan 

Bulu hewan peliharaan bisa sangat tidak menarik perhatian tamu yang berkunjung. Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, bersihkan bulu hewan peliharaan yang mengganggu dari sofa, karpet, dan furnitur lembut lainnya. 

Untuk membersihkan bulu hewan peliharaan, vakum sofa menggunakan kain lembap. Tak hanya itu, singkirkan mainan hewan peliharaan, bersihkan area di sekitar mangkuk makanan dan air hewan peliharaan, dan ganti kotak kotoran hewan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com