Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 9 Jenis dan Spesifikasi Kasur agar Tak Salah Pilih

Kompas.com - 05/03/2022, 19:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setiap orang memiliki kebutuhan kasur yang berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mendasari pemilihan kasur yang tepat dan nyaman. Seperti ukuran kamar tidur, jumlah orang yang tidur di atasnya dan lain sebagainya.

Dengan memilih kasur yang tepat, kamu akan merasa lebih nyaman saat tidur sehingga kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

Melansir dari Sleep Advisor, Sabtu (5/3/2022), jika kamu berencana untuk mencari kasur yang tepat, beberapa jenis dan ukuran kasur berikut ini bisa menjadi referensi.

Baca juga: Apa Itu Kasur Organik dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

Small single bed (cot)

Ukuran kasur ini sangat cocok digunakan sebagai tempat tidur bayi. Namun karena ukurannya yang cukup panjang, saat anak berusia balita pun masih bisa menggunakan ukuran tempat tidur ini. Kasur berukuran small single bed umumnya memiliki ukuran 30 x 75 inchi.

Twin bed

Twin bed untuk yang cukup diisi 1 orang anak atau orang dewasa ini umumnya memiliki desain single, 2 kasur kembar ataupun dalam bentuk kasur tingkat.

Kasur ini berukuran 38 x 75 inchi dan cocok digunakan sebagai kasur anak ataupun kasur orang dewasa dengan ukuran kamar yang terbatas. Pada kasur twin ini kamu memiliki banyak pilihan material dengan bahan yang berkualitas.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar, Lakukan Setiap 6 Bulan Sekali

Twin XL

Twin XL memiliki sedikit perbedaan ukuran dengan twin bed, kasur ini memiliki ukuran 38 x 80 inchi.

Jika kamu seorang dewasa yang mencari tempat tidur yang menghemat ruang dan tetap merupakan pilihan yang nyaman, XL Twin mungkin cocok untuk mu. Kamu juga bisa menggunakan 2 kasur twin xl pada ranjang berukuran King.

Full bed

Ilustrasi kasur. SHUTTERSTOCK/GAF_LILA Ilustrasi kasur.

Kasur ukuran penuh atau full bed memiliki ukuran 54 x 75 inchi. Kasur ini cukup nyaman bisa diisi oleh 1 orang dewasa dan 1 anak-anak, namun tidak cukup nyaman untuk 2 orang dewasa.

Kasur ini lumayan sempit terutama jika kamu memiliki kaki yang cukup panjang sebaiknya pilih kasur dengan ukuran yang lebih luas.

Baca juga: Panduan Memilih Kasur yang Tepat untuk Kamar Tidur

Full bed XL

Kasur dengan ukuran 54 x 80 inchi ini sangat cocok jika kamu tidur sendirian ataupun untuk pasangan yang memiliki ukuran kamar yang terlalu sempit untuk queen bed.

Kasur ini memiliki area kaki yang lumayan nyaman dan ekstra dibandingkan full bed namun dengan lebar kasur yang sama.

Queen

Kasur queen yang memiliki ukuran 60 x 80 inchi ini merupakan kasur yang ideal untuk hampir semua orang.

Kasur ini pas untuk ukuran kebanyakan dipan atau ranjang tidur. Untuk kamu yang tidur dengan pasangan, anak atau hewan peliharaan, mungkin kasur ini cocok untukmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com