Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengetahui Buah Tomat Sudah Matang dan Bisa Dipetik

Kompas.com - 02/03/2022, 19:22 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comTomat menjadi salah salah tanaman buah yang banyak ditanam orang di halaman rumah atau kebun.  

Menanam tanaman tomat di rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti dikonsumsi untuk makanan atau masakan, dibuat minuman, hingga perawatan kulit. Selain itu, juga menghemat pengeluaran dapur. 

Baca juga: 9 Tanaman Pendamping Tanaman Tomat di Kebun yang Bisa Dimakan

Namun, ketika menanam tanaman tomat, beberapa orang terkadang kesulitan mengetahui buah tomat sudah matang atau belum. 

Umumnya, untuk mengetahui buah tomat sudah matang atau belum, dapat dilihat pada warnanya. Namun, ematangan tomat tidak dapat dilihat dari warnanya saja karena ada beragam cara yang perlu dilakukan.

Dikutip dari The Spruce, Rabu (2/3/2022), berikut cara mengetahui buah tomat sudah matang dan bisa dipetik. 

Baca juga: Cara Menanam Tomat agar Berbuah Banyak

Buah mengkilap dan warnanya pekat

Ilustrasi tomatshutterstock Ilustrasi tomat

Cara pertama mengetahui tomat sudah matang atau belum adalah memeriksa permukaannya. Perhatikan apakah tomat sudah mengkilap atau belum, lalu periksa warnanya.

Buah tomat yang sudah matang memiliki warna pekat. Untuk tomat merah, warnanya harus merah tua. Begitu pula tomat kuning dan warna lainnya, warna buahnya harus rata. 

Jangan sampai hanya satu sisi saja yang warnanya pekat, sementara sisi lainnya masih berwarna hijau. Jika masih demikian, hindari memetik tomat. 

Baca juga: Cara Menanam Tomat Organik di Pot atau Polybag, Tak Perlu Lahan Luas

Teksturnya cukup empuk saat disentuh

Tomat yang matang akan terasa empuk ketika disentuh lantaran matang dari dalam ke luar. Sebaliknya, tomat yang terasa cukup keras, artinya belum matang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketahanan tomat saat hendak dipetik. Tomat yang sulit dipetik menandakan bahwa mereka belum siap dipanen.

Baca juga: 6 Benda di Rumah Ini Bisa Dibersihkan dengan Saus Tomat

Tomat termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di musim penghujan.PIXABAY/CJ Tomat termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di musim penghujan.

Perhatikan bau dan rasa

Buah tomat akan mengeluarkan aroma yang harum jika sudah matang. Sementara itu, tomat yang belum matang tidak akan mengeluarkan aroma apa pun.

Namun, jangan sampai salah mencium aroma karena aroma buah tomat dan tanamannya hampir mirip. Setelah itu, menyicip buah tomat. Petik satu buah tomat untuk dicicipi guna memastikan apakah sudah matang atau belum. 

Baca juga: Cara Mengendalikan Hama Kutu Kebul pada Tanaman Tomat

Bisakah tomat dipanen sebelum matang?

Beberapa tukang kebun memilih memanen buah tomat sebelum benar-benar matang. Metode ini dapat dilakukan untuk melindungi buah dari keretakan, yang mungkin terjadi setelah hujan.

Apabila kamu ingin menggunakan metode ini, bawalah buah tomat ke dalam rumah dan biarkan mereka matang pada suhu sekitar 21 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com