Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Kerak Membandel di Akuarium

Kompas.com - 27/02/2022, 17:56 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun sudah dicuci dan disikat berulang kali, noda kerak air di akuarium sulit sekali hilang.

Noda kerak yang menempel pada kaca akuarium dapat membuat tampilan akuarium menjadi kusam dan terlihat kotor.

Jika kamu sudah mencoba untuk membersihkannya namun gagal, sebaiknya kamu jangan menyerah dulu dan buru-buru membeli akuarium baru. Kamu bisa mencoba membersihkan keraknya dengan 3 cara berikut ini.

Melansir dari kanal Youtube, Low Budget Aquascape, Minggu (27/2/2022), berikut ini 3 cara untuk menghilangkan noda kerak pada akuarium.

Baca juga: 4 Tanaman Akuarium Terbaik untuk Mengurangi Limbah Ikan atau Amonia

Cara 1: Noda kerak ringan

1. Gunakan cairan berbahan asam seperti Vixal dengan HCL 17%. jika kamu tidak memiliki cairan pembersih ini di rumah, kamu bisa gunakan cuka putih, sitrun ataupun pembersih merk lainnya.

2. Tuangkan cairan pembersih ke permukaan kaca yang berkerak secara merata.

3. Gunakan sikat atau spons untuk menyikat dan menggosok area yang berkerak. Sebaiknya gunakan sarung tangan latex untuk menghindari reaksi alergi dengan kulit tangan.

Baca juga: Penggantian Air Akuarium, Apakah Bisa Bikin Ikan Mati?

4. Setelah akuarium selesai disikat, diamkan selama 15 menit agar noda benar-benar terangkat.

5. Siapkan campuran baking soda dan sedikit di dalam wadah kecil lalu aduk hingga merata. Oleskan larutan baking soda ini di kaca yang berkerak hingga merata. Baking soda akan bereaksi dengan sisa asam tadi dan menghasilkan gelembung.

6. Gosok kembali menggunakan spons hingga bersih lalu bilas dengan air. Jika masih terdapat noda kerak, kamu bisa melanjutkan ke cara yang kedua.

Baca juga: Feng Shui: Tips Meletakkan dan Mengisi Akuarium agar Murah Rejeki

Cara 2: Noda kerak membandel

Ilustrasi akuarium aquascape.SHUTTERSTOCK/SANJI1722 Ilustrasi akuarium aquascape.

1. Untuk menghilangkan kerak membandel kamu bisa menggunakan pasta gigi.

2. Oleskan pasta gigi pada noda kerak secara merata, basahi dengan sedikit air bila perlu. Diamkan selama 15 menit agar noda benar-benar terangkat.

3. Gunakan sikat berbahan aluminium untuk menggosok seluruh permukaan akuarium. Gosok seluruh permukaan akuarium yang sudah diolesi pasta gigi. Agar hasil maksimal, gosok dengan keras terutama pada bagian yang terasa kasar.

4. Apabila sudah tidak ada bagian yang kasar, bilas akuarium dengan air. Hasilnya, kerak membandel hilang dan akuarium kembali seperti baru.

Baca juga: Feng Shui: Tips Meletakkan dan Mengisi Akuarium agar Murah Rejeki

Cara 3: Akuarium masih terisi air

1. Cara yang ketiga ialah cara membersihkan akuarium saat akuarium masih terisi air. Kamu bisa menggunakan pisau cutter untuk mengerok bagian kaca yang berkerak.

2. Kerok kaca yag masih terdapat noda kerak dengan menggunakan pisau cutter. Selain cutter kamu bisa menggunakan benda tajam lainnya, namun pastikan tidak menggores kaca. Penggunaan logam lebih aman karena tingkat kekerasannya di bawah kaca sehingga tidak akan menggores.

3. Dengan cara ini noda kaca akan terangkat dan kaca bening kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com