Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Berbagai Benda di Rumah

Kompas.com - 23/02/2022, 09:24 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat membawa kebahagiaan ke rumah dan mengusir rasa bosan.

Namun, ada satu hal utama yang membuat kesal kala memelihara anjing atau kucing, yakni bulu hewan yang rontok dan menempel pada setiap permukaan dan benda di rumah seperti karpet, gorden, sofa, juga furnitur

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Karpet dan Lantai

Bulu-bulu hewan peliharaan ini sering kali sulit dihilangkan dan membuat rumah tampak kotor serta tak terurus. 

Namun, tak perlu khawatir, berikut tips membersihkan bulu hewan peliharaan dari berbagai benda di rumah dikutip dari Bobvila, Rabu (23/2/2022).

Sofa 

Ilustrasi sofaShutterstock/pozitivo Ilustrasi sofa
Anjing dan kucing sering kali tidur di sofa, yang akhirnya meninggalkan tumpukan bulu yang mengganggu. Membersihkan dengan cara menyedotnya menggunakan vacuum cleaner tidak mampu menghilangkannya.

Untuk mengatasinya, ambil alat pembersih yang bersih dan kering, lalu usapkan di atas sofa untuk melonggarkan bulu hewan peliharaan, dan segera menyedotnya. 

Baca juga: 5 Penyebab Bulu Hewan Peliharaan Berubah Warna Menjadi Putih

Karpet

Vacuum cleaner atau penyedot debu terbaik tidak akan mengambil bulu hewan peliharaan yang menempel pada karpet.

Atasi masalah ini dengan mencampurkan satu bagian pelembut kain dan tiga bagian air dalam botol semprot, lalu semprotakan cairan pada karpet dengan lembut, dan biarkan hingga benar-benar kering.

Pelembut kain ini akan melonggarkan bulu hewan peliharaan jauh di dalam karpet sehingga memudahkan penyedot debu. Ini juga bisa memberi aroma segar pada karpet Anda. 

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Furnitur kayu

Ilustrasi furnitur kayu. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi furnitur kayu.
Jika kucing peliharaan senang bermain-main dengan ikat rambut, remote control, dan meja kopi lainnya, kucing akan merontokkan bulunya ke seluruh permukaan furnitur kayu.

Bersihkan bulu hewan peliharaan tersebut dengan menggesekkan lembar pengering di atas meja atau furnitur kayu lainnya yang terdapat banyak bulu hewan. Lembar pengring ini juga bisa menghilangkan bau hewan. 

Tirai

Anjing suka menatap penuh kerinduan ke luar jendela pada orang yang lewat — yang berarti bulu hewan peliharaan akan menempel pada tirai.

Untuk menghilangkannya, ambil spons bersih dan kering, kemudian gosokkan ke semua permukaan tirai. Pastikan bulu hewan peliharaan menempel pada spons serta buang spons setelah digunakan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian 

Lantai kayu 

Tentu sangat menggemaskan ketika melihat anjing bermain atau meluncur di lantai kayu keras untuk mengejar bola. Namun, hal ini tak jarang meninggalkan bulu hewan peliharaan yang rontok.

Gunakan sapu karet untuk mengumpulkan bulu hewan peliharaan. Sapu ini secara efektif dapat mengambil untaian terkecil sekali pun. 

Baca juga: Simak, Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan di Rumah

Halaman:
Sumber Bobvila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com