Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2022, 16:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Nest

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak seperti manusia, kucing memiliki pendengaran yang sangat tajam. Bahkan, kucing yang sehat dapat mendengar suara empat atau lima kali lebih jauh daripada manusia.

Untuk itu, kucing sangat tidak nyaman ketika ada suara besar di sekitarnya. Jadi, ketika mendengar suara keras seperti petir atau musik yang sangat keras, biasa mereka akan lari dan bersembunyi.

Tak hanya itu, dikutip dari The Nest, Rabu (16/2/2022) ketika kucing mendengar suara keras tersebut, akan ada efek yang terjadi pada kucing, seperti berikut ini. 

Baca juga: Tips dan Trik Merawat Kucing Berbulu Panjang

Ilustrasi kucing. PIXABAY/ALEXAS_FOTOS Ilustrasi kucing.

1. Merusak pendengaran kucing

Paparan rutin terhadap musik keras, terutama jika modenya melalui headphone akan menyebabkan kerusakan pendengaran pada manusia.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan Angkatan Darat AS yang memberikan bukti bahwa paparan suara keras menyebabkan kerusakan pada pendengaran kucing.

Dalam upaya untuk menguji efek kebisingan yang intens, peneliti Angkatan Darat pertama kali mengembangkan model untuk pendengaran kucing.

Karena telinga kucing secara alami dirancang untuk menarik suara ke saluran telinga, memungkinkan kucing untuk mengambil gerakan yang paling sensitif seperti tikus yang merayap di lantai, peneliti memilih model kucing sebagai titik awal.

 

Baca juga: 11 Fakta Menarik Kucing Calico, Bisa Bawa Keberuntungan

Apa yang mereka temukan adalah bahwa koklea kucing (telinga bagian dalam tempat suara diproses) cepat rusak oleh paparan suara mulai dari 1,0 hingga 16,0 kHz.

2. Menyebabkan kucing stres

Musik yang keras adalah salah satu pemicu stres pada kucing. Pasalnya, menyetel lagu merupakan hal yang menyimpang dari jadwal rutin mereka sehari-hari.

Halaman:
Sumber The Nest
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com