Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2022, 15:07 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Seringkali kucing tampak sedang menikmati waktunya saat sedang sendirian. Namun, sebenarnya kucing adalah makhluk sosial yang juga menyukai interaksi dengan sesama kucing apalagi di awal tahap kehidupannya.

Interaksi dengan sesama kucing dibutuhkan untuk saling mengasah kemampuannya. Kucing membutuhkan kucing lain untuk berkembang biak, berlatih menjaga teritori, melatih fisik dengan saling berkejaran, menguntit dan lainnya.

Melansir dari Pet MD, Rabu (9/2/2022), saat kucing merasa kesepian dan butuh teman ia akan mulai menunjukkan perilaku yang berbeda. Mungkin beberapa perubahan perilaku berikut ini bisa menjadi tanda jika kucing peliharaanmu membutuhkan teman untuk bermain.

Baca juga: Kucing Muntah Bulu, Amankah?

Lebih manja

Kucing seringkali menunjukkan kalau ia membutuhkan teman dengan menunjukkan tingkah yang manja seperti mengikutimu kemanapun dan terus mengeong. Perilaku ini menjadi tanda jika kucing membutuhkan lebih banyak interaksi sosial.

Menurut Pam Johnson-Bennett seorang konsultan perilaku kucing bersertifikat dan pemilik Cat Behavior Associates di Nashville, perilaku membutuhkan perhatian ini dapat mengindikasikan rasa takut akan perpisahan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tanda-tanda Kucing Bahagia dan Tidak Nyaman

Perubahan cara merawat diri

Ada kucing domestik yang suka berburu dan menerkam tikus, namun ada pula kucing yang tak peduli dengan kehadiran tikus.Unsplash/Dorothea Oldani Ada kucing domestik yang suka berburu dan menerkam tikus, namun ada pula kucing yang tak peduli dengan kehadiran tikus.

Menurut Johnson-Bennett, tanda lain yang muncul pada kucing yang kesepian dan stress ialah ia menjadi terlihat tidak terawat dan jarang membersihkan dirinya sendiri.

Sebaliknya jika kucing seringkali merawat diri dengan menjilati bulu dan kakinya ini menjadi tanda kucing merasa senang dan sedang mencoba menenangkan diri.

Namun selain menunjukkan kesepian, jarang merawat diri juga menjadi tanda adanya penyakit medis.

Baca juga: 3 Makna di Balik Kucing Saling Menjilati Satu Sama Lain

Perubahan pola makan

Apakah kucingmu makan lebih banyak dari biasanya? Ini bisa menjadi tanda kebosanan atau kurangnya rangsangan sosial.

Sama seperti manusia, kucing juga biasanya akan makan lebih banyak jika tidak ada hal lain yang bisa ia lakukan.

Namun, menurunnya nafsu makan juga merupakan indikasi kucing merasa depresi atau masalah kesehatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan mengenai perubahan perilaku kucing.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kucing dari Dalam Rumah

Perilaku merusak

Jika kucing mulai menjatuhkan barang-barang atau merobek furnitur saat kamu sedang tidak ada dirumah, itu bisa menjadi tanda kebosanan atau kesepian.

Karena kucing merupakan hewan pemangsa, mereka memiliki naluri alami untuk bergerak dan mencoba menemukan hal yang menarik perhatiannya.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Membutuhkan Lebih Banyak Waktu Bermain

Pola buang air

Ilustrasi kucing buang air kecil di kloset. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kucing buang air kecil di kloset.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com