Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Anak Kucing yang Tak Diketahui Banyak Orang

Kompas.com - 29/01/2022, 07:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dibandingkan kucing dewasa, anak kucing memiliki daya tariknya tersendiri. Memiliki wajah dengan karakter lucu, jari-jari merah muda yang kecil dan juga tingkah yang sangat aktif seringkali membuat kita gemas melihatnya.

Dalam hal perawatan, perawatan anak kucing tentu berbeda dengan kucing dewasa. Saat baru lahir anak kucing akan rentan terhadap perubahan suhu dan juga lingkungan.

Di minggu-minggu awal pertumbuhannya mereka akan sangat membutuhkan induknya untuk melindungi dirinya.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (28/1/2022), berikut ini adalah fakta lain dari anak kucing yang menarik untuk diketahui.

Baca juga: Catat, Ini Pasir yang Cocok untuk Anak Kucing

Anak kucing tidak bisa mengatur suhu tubuhnya

Berbeda dengan kucing dewasa yang sudah bisa mengatur panas di tubuhnya, anak kucing belum bisa melakukan hal ini.

Karenanya mereka rentan terhadap udara dingin. Anak-anak kucing akan tidur meringkuk di sekitar saudara-saudaranya ataupun di dekapan ibu kucing. Untuk itu jika kamu menemukan anak kucing terlantar, pastikan ia cukup hangat.

Baca juga: Anak Kucing Berisik pada Malam Hari? Ini Tips Membantunya Tidur

Kebanyakan anak kucing buta dan tuli saat baru lahir

Saat baru lahir anak kucing belum bisa membuka matanya dengan sempurna, mereka juga belum bisa mendengar suara.

Penglihatan dan kemampuan mendengar mereka akan berangsur membaik saat berusia 2 hingga 3 minggu. Karena itu mereka saat bergantung pada induknya di awal masa pertumbuhannya.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing yang Ditelantarkan Induknya

Semua anak kucing lahir dengan mata biru

Saat baru lahir semua anak kucing memiliki mata yang indah dengan warna biru. Seiring pertumbuhannya pada usia 12 minggu ada kucing yang mempertahankan warna mata biru, namun warna mata juga dapat berubah menjadi kuning ataupun hitam.

Air susu induk kucing melindungi anak kucing dari penyakit

Susu memberikan nutrisi penting, termasuk protein, lemak, dan berbagai vitamin, yang membantu anak kucing untuk tumbuh dan berkembang.

Sama seperti ASI pada manusia, air susu induk kucing mengandung antibodi yang penting untuk sistem kekebalan anak kucing. Selain itu kandungan air susu ini juga melindungi kucing dari infeksi virus dan bakteri.

Baca juga: 3 Penyebab Anak Kucing Sering Bersin

Anak kucing bisa di vaksin di usia 2 hingga 3 minggu

Salah satu komitmen saat memelihara kucing adalah menjaga kesehatannya, untuk itu sangat penting untuk memberikan vaksinasi untuk kucing peliharaan.

Anak kucing bisa di vaksin di usia 2 hingga 3 bulan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter hewan. Biasanya vaksin akan diberikan secara bertahap seperti vaksin rabies dan obat cacing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com