Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini Penyebab Kucing Cemburu dan Tanda-tandanya

Kompas.com - 20/01/2022, 13:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecemburuan merupakan salah satu emosi atau perasaan yang tidak hanya dimiliki manusia, tapi juga hewan peliharaan, termasuk kucing

Rasa cemburu adalah perasaan alami dan normal yang dialami kucing peliharaan. Biasanya, hal ini muncul karena kucing berupaya mendapatkan apa yang diinginkannya, apakah itu mainan favorit atau makanan. 

Baca juga: Ternyata Kucing Bisa Cemburu, Ini Penyebab, Tanda, dan Mengatasinya

Kucing yang cemburu sering kali mendambakan perhatian lebih serta terkadang bisa membuatnya banyak bertingkah, bahkan berperilaku merusak. 

Menghadapi kucing cemburu bisa membuat frustrasi. Untuk itu, penting mengambil beberapa langkah untuk menghentikan perilaku cemburu tersebut. Kuncinya, mencari tahu mengapa kucing cemburu. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Anjing Cemburu, Apa Saja?

Penyebab kucing cemburu

Ilustrasi kucingUnsplash/Piotr Musio? Ilustrasi kucing
Sama dengan beberapa orang, kucing menjadi cemburu ketika merasa dikucilkan atau lingkungan mereka berubah drastis atau tiba-tiba.

Mengutip dari The Spruce Pets, Kamis (20/1/2022), kecemburuan yang dialami kucing dapat dipicu oleh sejumlah hal, tapi setidaknya ada empat hal utama. 

Pertama, kucing menunjukkan tanda-tanda kecemburuan ketika pemiliknya lebih memperhatikan suatu objek, orang, atau hewan peliharaan lain. Apalagi, bila selama ini, Anda menghabiskan banyak waktu bersama dan bermain dengan kucing peliharaan. 

Selain itu, kedatangan anggota keluarga baru seperti bayi yang baru lahir atau hewan peliharaan juga bisa menjadi penyebab kucing cemburu

Baca juga: Ternyata Anjing Bisa Cemburu, Ini Tanda dan Cara Mengatasinya

Bahkan hal-hal sederhana seperti ponsel, video game, atau hobi juga bisa menjadi menyebabkan kucing cemburu. 

Kedua, sosialisasi yang buruk sebagai anak kucing dapat menyebabkan kucing menjadi tergantung pada Anda dan terkadang menunjukkan tanda-tanda kecemburuan.

Ketiga, perubahan mendadak dalam rutinitas harian, termasuk jadwal makan kucing, dapat menyebabkan masalah perilaku seperti kecemburuan.

Keempat, kurangnya ruang pribadi, tempat tidur, atau barang-barang lainnya juga dapat mendorong perilaku cemburu jika kucing merasa terancam oleh hewan peliharaan lain. 

Baca juga: Jangan Menggendong Kucing dengan Cara Seperti Induknya, Mengapa? 

Tanda-tanda kucing cemburu

Ilustrasi kucing. PIXABAY/MERMAIDTOON Ilustrasi kucing.
Tanda-tanda kucing cemburu dapat dilihat atau diketahui dari periku yang ditunjukkannya. Perilaku kucing cemburu umumnya meliputi mendesis, menggeram, dan memukul benda yang membuatnya cemburu seperti ponsel yang Anda pegang. 

Kucing yang cemburu juga dapat mengganggu Anda saat menggendong bayi baru atau pengontrol video game. Kucing peliharaan mungkin mencoba untuk duduk di pangkuan Anda saat Anda berpelukan dengan pasangan. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Bermain dan Merobek Tisu Gulung

Tak hanya itu, kucing cemburu bisa menjadi lebih agresif dan mulai mencakar atau menggigit. Ini juga dapat menyebabkan perilaku destruktif atau destruktif, termasuk mengunyah atau mencabik-cabik furnitur, gorden, dan barang-barang lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com