Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Dapur Outdoor Menjadi Area Hiburan yang Menarik

Kompas.com - 16/01/2022, 09:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur di luar ruangan atau outdoor memberikan banyak keuntungan. Selain menjadi tempat memasak dan makan, dapur outdoor bisa menjadi area hiburan di luar ruangan serta tempat berkumpul.

Namun, untuk menjadikan sebagai area hiburan, dapur outdoor perlu dirancang semenarik mungkin seperti memilih produk dapur luar ruang yang berkualitas hingga menata semuanya.

Melansir dari Real Estate, Minggu (16/1/2022), berikut tips mendekorasi dapur outdoor menjadi area hiburan yang menarik. 

Baca juga: Ingin Membuat Dapur Outdoor? Ini 4 Ide Desain Terbaik yang Bisa Dicoba 

Rencanakan tata letak dapur outdoor 

Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang apiUnsplash/Arcwind Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang api
Pikirkan tentang bagaimana Anda menggunakan ruang dan rencanakan dengan tepat. Sementara jumlah ruang yang dimiliki akan menentukan banyak hal.

Selanjutnya, hal yang perlu dipertimbangkan adalah area memasak (alias barbercue) dan meja atau area tempat duduk.

“Ini termasuk warna dan barbercue yang berbeda sampai ke pilihan seperti apakah Anda menginginkan laci, kulkas, wajan, atau wastafel atau tidak," kata Dion Corbo, peneliti dan pengembangan di Weber. 

Baca juga: 5 Kelebihan Memiliki Dapur Outdoor di Rumah 

Peralatan apa yang dibutuhkan?

Dapur outdoor bisa semegah atau seminimal sesuai dengan yang dibutuhkan. Apakah Anda hanya ingin area barbecue dan meja atau ingin seluruh dapur di halaman Anda, itu semua bisa diwujudkan. 

Ada peralatan yang dibutuhkan seperti pembakar wajan, kulkas, dan wastafel. Bahkan barbercue sederhana dapat memiliki berbagai fitur yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Laura Romeo, pakar panggangan dari Weber Laura, mencatat bahwa penting bahwa dapur outdoor harus fungsional dan sesuai dengan gaya hidup siapa pun yang menggunakannya.

"Jika menyukai tempat terbuka, Anda tidak perlu memasak di dalam ruangan lagi," ucapnya. 

Baca juga: 5 Ide Desain Dapur Outdoor Sederhana dengan Lahan Terbatas  

Tutupi area

Ilustrasi dapur outdoor perdesaanUnsplash/Ibiza Ibiza Ibiza Ilustrasi dapur outdoor perdesaan
Meski berada di luar ruangan, dapur outdoor juga penting didesain tertutup atau dalam naunguan. 

“Ini berarti Anda akan dapat menggunakan ruang sepanjang tahun. [Ini akan] menjaga ruang memas lebih bersih, memastikan semuanya bertahan lebih lama dan melindungi furnitur luar ruangan," ujar Laura. 

Selain itu, hal ini juga mencegah peralatan berkarat, menawarkan perlindungan ekstra untuk Anda dan tamu, serta menjaga umur panjang dapur outdoor. 

 Baca juga: Lemari Dapur Kotor? Ini Cara Membersihkannya

Pastikan dinding terbuka

Meski penutup atas kepala itu penting, Anda membutuhkan banyak ruang terbuka untuk dinding.

Dion mengingatkan agar area barbercue berventilasi baik. “Untuk menjadi area yang sesuai untuk peralatan gas luar ruangan, Anda harus memiliki setidaknya 50 persen area dinding terbuka secara permanen,” katanya.

Berikan pencahayaan luar ruangan yang bagus

Area hiburan luar ruangan tidak hanya untuk penggunaan siang hari, tapi dapat menggunakannya kapan pun saat memasak. Jadi, pencahayaan yang memadai sangat penting di dapur outdoor. 

"Pencahayaan memadai ini penting bila Anda melakukan lebih banyak hiburan di dapur outdoor pada malam hari agar dapat melihat apa yang dimasak dan memastikan Anda tidak memasaknya terlalu lama," kata Laura. 

Baca juga: Ingin Membersihkan Dapur? Gunakan 13 Bahan Makanan Ini

Pertimbangkan aspek sosial

Pada akhirnya, tujuan dari dapur outdoor harus berarti Anda tidak perlu bolak-balik dari dalam ruangan ke luar, terutama saat sedang menghibur.

“Ini bukan hanya tentang bisa memasak di satu tempat, tetapi dapur outdoor juga harus memberi Anda ruang penyimpanan dan fungsi lainnya. Jadi, pertimbangkan memiliki wastafel, kulkas sehingga membuat Anda tidak bolal-balik," imbuh Dion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com