Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menciptakan Kamar Tidur Bernuansa Zen yang Sederhana dan Tenang

Kompas.com - 11/01/2022, 07:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah penelitian yang dilakukan psikolog klinis Pamela Thacher mengungkapkan bahwa kamar tidur yang sangat berantakan dapat mempengaruhi seberapa baik Anda tidur dan menggagalkan memperoleh ketengan tidur.

Kamar tidur yang gelap, sunyi, sejuk, dan tenang tanpa kekacauan adalah ruangan atau kondisi sempurna untuk tidur. Temuan ini mungkin tidak mengejutkan para penggemar feng shui

Baca juga: Cara Membuat Kamar Tidur Nyaman untuk Anak

Studi ini mendukung gagasan bahwa menciptakan kamar tidur zen dengan fokus pada prinsip-prinsip feng shui dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kamar tidur zen adalah sebuah konsep atau desain minimalis ala Jepang. Untuk menciptakan tampilan zen tidak sulit dan memakan waktu lama.

Ini semua tentang meminimalkan barang-barang dan kekacauan serta menambahkan beberapa peningkatan untuk menarik Chi atau energi positif.

Melansir dari My Decorative, Selasa (11/1/2022), berikut tips menciptakan kamar tidur bernuansa zen.  

Baca juga: Jangan Pakai Warna Ini untuk Dinding Kamar Tidur, Bisa Ganggu Istirahat 

Sederhanakan tempat tidur

Ilustrasi kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur.
Kamar tidur zen membutuhkan tempat yang nyaman dan menenangkan untuk tidur. Kamar tidur desain ini menolak gagasan bahwa membutuhkan lusinan bantal dan selimut.

Selain itu, hilangkan gangguan di tempat tidur dari tumpukan tisu dan majalah. Selanjutnya, pilih warna tanah yang menenangkan dan hal-hal yang dibutuhkan untuk tidur malam yang nyenyak.

Fokus pada kesederhanaan dengan kasur yang nyaman dan kokoh yang ditempatkan di rangka tempat tidur bertingkat rendah. Anda juga dapat memilih menggunakan headboard sederhana atau melewatkannya sama sekali. 

Baca juga: Tren Warna Dinding Kamar Tidur 2022, Warna Netral Masih Populer 

Rawat tanaman hijau 

Tanaman hijau dapat meningkatkan ketenangan di kamar tidur sekaligus meningkatkan kualitas udara di rumah. Pilih tanaman yang mudah dirawat serta tidak memiliki aroma kuat yang dapat mengganggu indra penciuman.

Pohon bonsai, sukulen, atau bambu dapat memberi nuansa hijau yang dapat mengubah kamar tidur menjadi oasis alami. 

Baca juga: 5 Tips Mendekor Kamar Tidur dengan Warna Ungu Lavender

Rangkul kekuatan air

Menempatkan air mancur di dekat pintu masuk rumah dianggap mendorong kelimpahan mengalir dari luar ke dalam rumah kita.SHUTTERSTOCK/KCKATE16 Menempatkan air mancur di dekat pintu masuk rumah dianggap mendorong kelimpahan mengalir dari luar ke dalam rumah kita.
Air mancur memberikan energi positif di kamar tidur dan menciptakan suasana meditasi atau suasana seperti di tempat spa yang menenangkan.

Suara air mancur juga memiliki manfaat tambahan mengurangi kebisingan di luar rumah seperti lalu lintas dan embusan angin. Sebagai gantinya, memberikan ketenangan di kamar tidur. Bahkan, dapat membuat tidur lebih cepat dan mudah beristirahat. 

Baca juga: 7 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Pernikahan yang Harmonis

Ciptakan aliran

Jenis furnitur di kamar tidur dan bagaimana Anda mengaturnya dapat berdampak negatif dan positif terhadap aliran energi di kamar tidur. 

Jika kamar tidur terasa sempit atau sesak, tambahkan furnitur rendah seperti nakas pendek yang terlihat alami untuk menyimpan tanaman kecil dan beberapa buku.

Tak hanya itu, Anda dapat menggunakan pot bunga rendah untuk menampung beberapa tanaman hijau dan menempatkannya di kamar tidur agar alirannya tetap mengalir.

Dengan kamar tidur yang mengalir dan suasana zen, hal ini akan meningkatkan kualitas tidur dan relaksasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com