Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Tanaman Giok, Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 08/01/2022, 09:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman giok (Crassula ovata) adalah salah satu tanaman pembawa keberuntungan menurut feng shui. Selain tanaman giok, tanaman ini juga dikenal dengan nama tanaman uang.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Sabtu (8/1/2022), tidak hanya sangat populer, tanaman giok juga cenderung mudah dirawat. Tanaman giok diyakini membawa kekayaan dan keberuntungan dan sering diberikan sebagai hadiah pindah rumah.

Tanaman giok adalah tanaman sukulen dengan daun hijau yang indah, berbentuk oval, dan bunga kecil berwarna merah muda atau putih. Tanaman iniberasal dari provinsi Kwa Zulu-Natal dan Eastern Cape di Afrika Selatan serta Mozambik.

Baca juga: 6 Tanaman Sukulen yang Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

Jade plant atau tanaman giokPEXELS/Skylar Kang Jade plant atau tanaman giok

Akan tetapi, tanaman giok telah dibudidayakan di Eropa dan Amerika selama lebih dari 100 tahun.

Daun tanaman yang indah dan hijau cerah melambangkan pertumbuhan dan pembaruan karena menyerupai batu giok, yang juga merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran.

Tanaman giok sangat populer karena mudah dirawat dan keberuntungan yang mungkin mereka bawa.

Tanaman giok bukanlah elemen utama dari pengobatan herbal atau alternatif, tetapi di masa lalu tanaman ini direkomendasikan untuk mengobati kutil dengan memotong daunnya dan menggosokkannya di atas kutil selama beberapa hari. Jika pengobatan berhasil, kutil akan rontok.

Baca juga: Tanaman Terbaik untuk Pintu Depan Rumah Menurut Feng Shui

Di beberapa negara, tanaman ini juga digunakan sebagai pengobatan untuk mual. Adapun di China, berbagai tanaman giok dengan daun runcing, yang disebut teratai batu, digunakan untuk mengobati gejala diabetes.

Tanaman giok memiliki tingkat toksisitas kecil bagi manusia dan hewan. Jika dimakan, menurut para ahli di University of California, AS, dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan seperti diare dan muntah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com