Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menata Kamar Mandi Tetap Bersih, Rapi, dan Teratur

Kompas.com - 06/01/2022, 10:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan di rumah. Lantaran menjadi zona lalu lintas tinggi, tak heran membuat kamar mandi mudah kotor serta berantakan. 

Untuk itu, kebersihan, kerapian, dan keteraturan kamar mandi penting dijaga. Namun, menata kamar mandi menjadi tugas yang rumit dan tidak disukai banyak orang. 

Baca juga: Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih Lebih Lama

Meski demikian, mau tidak mau tugas itu harus dilakukan. Menata kamar mandi tidak hanya membuatnya kembali rapi, tapi juga menghindari kehidupan yang stres

Nah, melansir dari Real Estate, Kamis (6/1/202), berikut tujuh tips menata kamar mandi tetap bersih, rapi, dan teratur. 

Baca juga: Cara Ampuh Bersihkan Noda pada Cermin Kamar Mandi dengan Cuka 

Sapu debu setiap hari

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Steven Ungermann Ilustrasi kamar mandi
Meski memiliki tingkat kelembapan tinggi, kamar mandi juga bisa berdebu. Untuk mencegahnya, sediakan pengki dan sikat di setiap kamar mandi sehingga dapat menyapu debu setiap hari dengan cepat untuk mencegah penumpukan debu yang tidak sedap dipandang. 

Periksa ketersedian tisu toilet

Pastikan kamar mandi tidak kehabisan tisu toilet dengan membeli kertas berwarna berbeda untuk disimpan di belakang tisu.

Dengan cara ini, akan menjadi pengingat bahwa Anda hampir kehabisan tisu dan sudah waktunya untuk mengisi kembali. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Kamar Mandi

Bersihkan lemari dan laci kamar mandi

Setiap awal bulan, bersihkan lemari dan laci kamar mandi dari semua kosmetik, losion, ramuan, dan obat-obatan lama. Ini akan memastikan Anda menjaga lemari kamar mandi bebas dari kekacauan. 

Jaga kebersihan pintu kamar mandi

Ilustrasi membersihkan kloset kamar mandi. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi membersihkan kloset kamar mandi.
Untuk membantu menjaga kebersihan pintu kamar mandi lebih lama dan menghemat waktu pembersihan, belilah penyapu air (seperti yang digunakan di jendela) dan simpan di kamar mandi untuk membersihkan pintu setiap kali selesai mandi. 

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi yang Akan Populer di Tahun 2022

Simpan produk pembersih di lemari dengan rapi

Simpan setumpuk produk pembersih kamar mandi di lemari dengan rapi sehingga memudahkan pencarian ketika ingin membersihkan sesuatu dengan cepat. 

Bersihkan kloset

Pada malam hari sebelum menyikat gigi, persiapkan toilet atau kloset untuk pembersihan cepat dengan mengoleskan pembersih toilet, lalu biarkan pembersih mengendap selama beberapa menit. 

Setelah itu, bersihkan toilet dan gosok mangkuk hingga bersih. Melakukan cara ini setiap malam dapat membuat kloset selalu bersih.  

Baca juga: 10 Tanaman Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Bersihkan meja kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding kontras. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi kamar mandi dengan dinding kontras.
Untuk dapat memulai hari dengan baik, setelah bersiap-siap untuk tidur setiap malam, pastikan membersihkan meja kamar mandi dan menyimpan semuanya terlebih dulu.

Dari hairspray hingga krim wajah, tempatkan semua barang yang digunakan setiap hari di beberapa jenis organizer yang mudah ditarik dan simpan dengan cepat daripada mengambilnya satu per satu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com