Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Microwave Mini bagi Pemula

Kompas.com - 04/01/2022, 14:51 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave adalah peralatan elektronik dapur yang berguna  memasak dan memanaskan berbagai jenis makanan.

Ada berbagai macam jenis microwave, dari yang berukuran besar, sedang, sampai mini. Apabila memiliki budget dan dapur dengan ruang terbatas, sebaiknya memilih microwave mini.

Melansir dari My Decorative, Selasa (4/1/2022), berikut lima hal yang perlu diketahui sebelum membeli microwave mini bagi pemula. 

Baca juga: 5 Ide Meletakkan Microwave di Dapur

Bagaimana cara memilih microwave mini terbaik?

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapurUnsplash/JOSBRA design Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapur
Microwave mini terdiri atas tiga jenis, yakni over-the-range, built-in, dan countertop. Microwave countertop menjadi microwave mini paling populer dan biasa digunakan di rumahMicrowave countertop lebih disukai adalah karena tidak ada instalasi tambahan.

Di sisi lain, microwave built-in memiliki kisaran harga yang mahal, perlu ditempatkan pada sisi yang lebih tinggi, serta membutuhkan instalasi. Selain itu, microwave built-in tidak portabel dibanding microwave countertops. 

Baca juga: Microwave Tidak Memanaskan Makanan? Ini 3 Penyebabnya 

Jenis microwave mini

Ada tiga jenis microwave mini yang dapat ditemukan secara online, yaitu grill atau panggangan, tunggal, dan konveksi.

Microwave tunggal adalah microwave penghemat ruang yang dianggap cukup mendasar. Microwave panggangan berada satu tingkat di atas microwave tunggal. Namun, microwave konveksi adalah microwave yang paling populer.

Perbedaan ketiganya terletak pada kisaran harga, watt, juga fitur. Microwave solo atau microwave portabel menggunakan radiasi elektromagnetik untuk memasak makanan. Microwave ini mengonsumsi daya paling rendah serta termurah dibanding lainnya. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memanaskan Makanan Bayi ke Microwave

Konsumsi daya microwave berada dalam kisaran 600 watt. Microwave panggangan dapat memanggang semua jenias makanan. Microwave ini memiliki pemanas panggangan khusus dan fitur menarik lainnya.

Sementara itu, gelombang microwave konveksi menggabungkan kualitas gelombang microwave tunggal dan gelombang microwave panggangan. Microwave konveksi juga bisa  memanggang makanan. 

Baca juga: Catat, 5 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Bagaimana menggunakan microwave mini untuk pemula? 

Ilustrasi menggunakan microwave. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menggunakan microwave.
Ketika menggunakan microwave mini, hindari mengunakan peralatan logam apa pun. Radiasi elektromagnetik tidak dapat menembus logam.

Selain itu, jangan mencoba resep baru yang mengandung banyak air. Misalnya, hindari membuat pasta di oven microwave RV karena tidak cocok serta dapat memakan waktu banyak.  

Begitu pun saat berencana membuat hidangan apa pun, pastikan mengatur makanan dengan baik agar matang secara merata. 

Selain itu, ketika menggunakan microwave kecil di bawah meja, pastikan meletakkan penutup di atas peralatan masak untuk menghindari percikan serta waktu memasak akan berkurang. 

Baca juga: Catat, Begini Cara agar Microwave Lebih Tahan Lama 

Di mana meletakkan microwave mini?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat meletakkan microwave mini di dapur. Pertama, letakkan microwave di atas permukaan kering dan rata seperti meja kayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com