Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Tropis yang Bisa Tumbuh di Dalam Ruangan

Kompas.com - 04/01/2022, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tropis dapat membawa warna dan suasana eksotis ke rumah, bahkan jika Anda tinggal di iklim yang lebih dingin.

Tak hanya itu, beberapa tanaman hias tropis juga terkenal karena memiliki bunga yang memukau serta daunnya yang besar, berpola, atau beraneka ragam. 

Baca juga: Cara Merawat Homalomena, Tanaman Tropis Kerabat Philodendron

Meski biasa hidup di tempat dengan sinar matahari penuh, sebagian tanaman tropis bisa ditanam atau tumbuh di dalam ruangan, baik di ruang tamu, kamar mandi, maupun kamar tidur

Melansir dari The Spruce, Selasa (4/1/2022), berikut tanaman tropis yang dapat ditanam di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Tanaman Tropis yang Cocok untuk Dekorasi Ruangan 

Anthurium (Anthurium andraeanum)

Ilustrasi tanaman hias anthurium. PIXABAY/RICHARDMC Ilustrasi tanaman hias anthurium.
Anthurium andraeanum adalah tanaman tropis yang sangat dicintai karena memiliki bunga yang megah dan cerah. Meski sulit tumbuh, tanaman anthurium adalah tanaman yang sangat bermanfaat.

Tanam anthurium pada tanah pot yang subur dan gembur serta pastikan akarnya tidak terlalu lembap. Tanaman anthurium menyukai cahaya tidak langsung yang terang serta hindari sinar matahari penuh

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Diberi Bubuk Kopi untuk Tumbuh Subur 

Bromeliad (Bromeliaceae)

Bromeliad bisa dibilang tanaman tropis yang paling mudah tumbuh dari semua tanaman tropis lainnya. Bromeliad mudah beradaptasi untuk tumbuh dalam pot dan jauh lebih toleran daripada banyak tanaman sejenis yang berdaun subur.

Tanaman hias bromeliad datang dalam beragam warna dan tekstur serta dapat ditanam dalam tanah pot yang cepat kering, yang terdiri atas tanah gambut dan pasir.

Tanaman tropis ini menyukai cahaya terang yang tidak langsung serta memerlukan air setiap minggu, tetapi hindari genangan air. 

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Begonia Mengering dan Cara Mengatasinya

Burung cendrawasih (Strelitzia reginae)

Ilustrasi tanaman burung cendrawasih (Strelitzia reginae)Unsplash/David Brooke Martin Ilustrasi tanaman burung cendrawasih (Strelitzia reginae)
Tanaman burung cendrawasih atau bird of paradise adalah salah satu tanaman bunga tropis di dunia yang mempunyai bunga besar dan khas menyerupai kepala dan paruh burung.

Tanaman juga sangat mudah dan cepat tumbuh di dalam ruangan. Meski demikian, tanaman burung cendrawasi harus dibuahi setiap minggu dan disimpan dalam pot.

Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 1,8 meter dan membutuhkan tiga hingga lima tahun pertumbuhan sebelum berbunga. Bird of paradise membutuhkan cahaya terang dengan sinar matahari langsung serta tanah lembap. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Mudah Dirawat dan Sulit Layu

Cordyline (C. terminalis)

Cordyline identik dengan daerah tropis dan dikenal sebagai pohon Ti atau pohon HawaiianTi. Tanaman tropis ini mempunyai dedaunan yang berani dan berwarna-warni. 

Dengan perawatan tepat, cordyline dapat memberikan aksen dramatis.  Cordyline membutuhkan lokasi hangat, bebas angin, campuran pot berkualitas tinggi yang dikeringkan dengan baik dengan pH 6 hingga 6,5, serta pemberian nutrisi secara mingguan.

Selain itu, cordyline membutuhkan cahaya terang yang tidak langsung serta jaga agar tanahnya tetap lembap, kecuali pada musim dingin. 

Baca juga: Pemberian Pupuk NPK untuk Tanaman, Lebih Baik Ditabur atau Dikocor?

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com