Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memperbarui Tampilan Dapur Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

Kompas.com - 30/12/2021, 15:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang investasi di rumah, dapur adalah salah satu ruangan yang dapat meningkatkan nilai properti secara keseluruhan.

Karena itu, dapur harus memiliki tampilan yang cantik, mewah, dan tertata. Namun, untuk memperoleh tampilan tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memperbarui atau merenovasi dapur. Sebab, hal itu tidak selalu terjadi. 

Melansir dari Today's Homeowner, Kamis (30/12/2021), berikut lima tips memperbarui tampilan dapur tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk membantu memastikan dapur tampak cantik dan tertata. 

Baca juga: Perhatikan, 5 Cara Menciptakan Dapur yang Menyenangkan 

Cat kabinet dapur lama 

Ilustrasi dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur
Jika ingin segera mengubah tampilan dapur dengan anggaran terbatas, pertimbangkan mengecat kabinet dapur. 

Kabinet sering kali menempati ruang paling visual di dapur sehingga bisa memberi tampilan segar ketika mengecatnya. Pertimbangkan tampilan fitur yang lain seperti peralatan, backsplash, serta gaya pribadi Anda saat memilih warna.

Sebaiknya, memilih warna putih dan hitam untuk tampilan yang tak lekang oleh waktu. 

Baca juga: 4 Tips Membasmi Tikus di Dapur 

Gantung rak terbuka

Kurangnya penyimpanan bisa menjadi "pembunuh" nyata di dapur. Pertimbangkan menggantung rak terbuka yang akan memberi Anda ruang ekstra untuk peralatan, pot, barang pecah belah, atau apa pun yang dibutuhkan.

Rak terbuka juga mudah diakses, serbaguna, serta dapat memajang barang pecah belah sambil tetap menggunakannya untuk peralatan makan dan memberikan daya tarik modern pada dapur. 

Baca juga: 4 Material Lantai yang Cocok untuk Dapur Modern

 

Pembaruan perangkat keras

Saat merenovasi dapur, pertimbangkan untuk meningkatkan perangkat keras yang ada. Ini  berarti bisa mengganti wastafel, kabinet, dan laci dapur. Namun, semua ini kembali lagi pada anggaran yang dimiliki. 

Tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil, tetapi ingat semakin banyak perangkat keras yang diganti, semakin besar perbedaan yang akan Anda buat untuk tampilan dapur secara keseluruhan. 
Baca juga: 7 Prediksi Tren Dapur yang Akan Populer di Mana-mana pada 2022

Tambahkan backsplash

Ilustrasi dapur, kabinet dapur berwarna putih. PEXELS/PAVEL DANILYUK Ilustrasi dapur, kabinet dapur berwarna putih.
Backsplash adalah dinding yang ditempeli keramik dan berhadapan langsung dengan meja dapur. Memasang backsplash adalah cara bagus untuk meningkatkan tampilan dapur.

Secara tradisional, backsplash hanya berada sekitar satu kaki di atas meja. Namun, akhir-akhir ini, backsplash berlanjut hingga ke kabinet dapur.

Ini telah menjadi bagian aksen yang menarik daripada hanya tambahan waterproofing yang diperlukan. 

Baca juga: Inspirasi Warna Cat Terbaik Dapur Kecil, Bikin Nyaman dan Estetik 

Tambahkan pencahayaan

Salah satu keluhan terbesar pemilik rumah tentang dapur mereka adalah kurangnya pencahayaan. Pertimbangkan meningkatkan dapur agar lebih ramah pengguna dengan berbagai sumber pencahayaan.

Beberapa pilihan pencahayaan yang bisa dipilih untuk dapur seperti lampu gantung, lampu track, dan pencahayaan di bawah kabinet.

Memperbarui tampilan dapur bisa menjadi cara bagus untuk menyegarkan rumah dan meningkatkan nilainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com