Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2021, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema adalah salah satu tanaman hias populer yang masih banyak peminatnya. Tanaman ini disukai karena memiliki daun yang cantik, hadir dalam berbagai bentuk dan warna.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (27/12/2021), selain cantik, tanaman hias aglonema juga memiliki prospek bisnis yang menarik, khususnya pada masa pandemi, di mana antusiasme masyarakat dalam merawat dan mengoleksi tanaman hias meningkat.

Untuk menambah koleksi aglonema, Anda dapat melakukan perbanyakan tanaman, yang cukup mudah caranya. Salah satunya adalah cara perbanyakan atau stek aglonema dengan menggunakan bawang merah.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Perlu Dihindari dalam Merawat Anakan Aglonema

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Suksom Jaipong. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYO Ilustrasi tanaman hias Aglonema Suksom Jaipong.

Berikut cara memperbanyak anakan aglonema pakai bawang merah.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Batang aglonema yang sudah tua untuk stek
  • Bawang merah secukupnya
  • Pisau
  • Air
  • Wadah kecil
  • Media tanam
  • Pot kecil atau cup

Cara memperbanyak

Setelah menyiapkan batang aglonema yang sudah tua untuk stek, potong-potong sekitar 3 sampai 5 cm dan sesuaikan dengan ukuran media semai stek.

Baca juga: Cara untuk Mengurangi dan Menghilangkan Warna Hijau di Daun Aglonema

Gunakan bawang merah untuk hormon pertumbuhan. Ambil 2 atau 3 umbi bawang merah, lalu haluskan dengan ditumbuk atau diblender, jangan lupa tambahkan sedikit air.

Rendam batang aglonema yang telah dipotong-potong tadi ke dalam air bawang merah yang tersedia dalam wadah selama 10 hingga 15 menit. Hormon alami mengandung zat perangsang tumbuh (ZPT) dari bawang merah, baik untuk stek batang aglonema.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com