Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memanfaatkan Ruang Penyimpanan yang Sering Diremehkan

Kompas.com - 26/12/2021, 09:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di banyak rumah, penyimpanan bisa menjadi sesuatu yang rumit . Bahkan, meski rumah sudah besar, terkadang masih saja kekuarangn ruang penyimpanan barang-barang.

Umumnya, untuk menyimpan barang, banyak rumah yang menggunakan lemari linen untuk pakaian, rak untuk benda-benda di ruang tamu atau ruang keluarga, dan kabinet atau lemari dapur untuk peralatan dapur. 

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Ruang Keluarga agar Tetap Tertata dan Menarik

Lantaran tempat penyimpanan yang terbatas itu, membuat ruang penyimpanan cenderung penuh sesak dan berantakan. 

Sebetulnya, ada banyak area di rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan barang-barang seperti lantai, dinding, plafon, dan laci. Sayangnya, area-area inis sering kali diremehkan, padahal memberi manfaat besar.

Dilansir dari Real Estate, Minggu (26/12/2021), berikut lima cara memanfaatkan ruang penyimpanan yang sering diremehkan. 

Baca juga: 8 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Loteng Rumah

Lantai bawah lemari pakaian

Ilustrasi lemari pakaian. UNSPLASH/ZOE VAN POETSPRINS.NL Ilustrasi lemari pakaian.
Banyak orang yang mengabaikan area bawah lemari pakaian lantaran mengumpulkan banyak debu, dan tidak banyak. Padahal, area ini bisa memberi dampak besar bagi penyimpanan. 

"Kelompokkan pakaian gantung pendek di salah satu ujung lemari pakaian dan pakaian yang lebih panjang di ujung lainnya. Hal ini akan membuka banyak ruang lantai lemari sehingga dapat menambahkan laci, rak sepatu, atau barang besar lainnya seperti tas dan koper," kata Terri Wolff, pembeli penyimpanan nasional Bunnings.  

Baca juga: 5 Trik Memaksimalkan Penyimpanan di Dapur Kecil

Laci

Tentu, kita semua menggunakan laci untuk menyimpan barang-barang, tetapi apakah  menggunakannya dengan baik? 

Ada berbagai solusi penyimpanan laci di luar sana untuk membantu memaksimalkan ruang laci dan menyimpan apa yang ada di dalamnya.

Terri mengatakan laci depan kaca penyimpanan flexi adalah tambahan gaya untuk lemari pakaian, memberi Anda gambaran umum tentang isi di dalam laci sambil membantu mempertahankan tampilan yang bersih dan teratur.

"Ini ideal untuk menyimpan ikat pinggang, dasi dan kancing manset, atau memamerkan koleksi perhiasan Anda. Jaga agar tetap rapi dan itu bisa menambahkan sentuhan akhir yang indah ke sistem lemari pakaian juga," ucapnya. 

Baca juga: Punya Dapur Kecil? Ini Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Rak atas

Ini adalah aturan emas penyimpanan. Simpan barang yang paling sering digunakan setinggi mata atau lebih rendah sehingga lebih mudah diakses. Hal yang membuat rak sulit dijangkau adalah barang-barang yang jarang digunakan.

“Banyak orang lupa memanfaatkan rak atas lemari pakaian mereka. Ruang ini sangat bagus untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan setiap hari," ujar Terri. 

Baca juga: 5 Ide Penyimpanan untuk Kamar Mandi Kecil 

Plafon 

Penyimpanan overhead atau di atas kepala adalah cara yang harus dilakukan. Misalnya, di garasi, Anda dapat mencoba meretas beberapa pipa PVC tembaga untuk rak overhead sederhana dan bergaya yang cukup kuat menopang peralatan berat atau perangkat keras. 

Jika tidak memiliki keterampilan DIY yang cukup baik, cobalah memasang rel gantung yang dapat dibeli dari toko perangkat keras. 

Baca juga: 5 Langkah Sederhana Mengatur Tempat Penyimpanan di Ruang Kecil 

Dinding dan sudut

Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu kecil, ruang tamu sempit.
Menurut Terri, ruang dinding sering kali kurang dimanfaatkan dan tidak ada cara yang lebih cepat untuk menciptakan lebih banyak ruang selain mengangkat semuanya dari lantai. 

Padahal, ruang dinding bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang, bahkan yang berukuran besar. 

"Anda dapat menemukan berbagai macam pengait yang memungkinkan menggantung barang-barang dan sangat cocok untuk barang-barang besar dan panjang seperti sepeda, papan selancar, sapu, garu, sekop dan pemangkas tali, serta menjaga selang dan kabel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com