Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2021, 19:27 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang kehadirannya tidak pernah diinginkan oleh penghuni rumah mana pun.

Sayangnya, hama satu ini sering masuk ke dalam rumah untuk menemukan sumber makanan dan tempat yang nyaman untuk tinggal hingga berkembang biak.

Kehadiran tikus di rumahmu juga bisa semakin memungkinkan apabila kamu memiliki tanaman tertentu yang tumbuh di dalam atau di sekitar rumahmu.

Baca juga: Ada Tikus di Dalam Rumah? Ini 4 Hal yang Harus Segera Dilakukan

Dilansir dari Best Life, Senin (20/2/2021), baca terus untuk mengetahui tanaman mana yang dapat menyebabkan infestasi tikus di rumahmu, menurut pakar pengendalian hama.

Pekerja mengambil tanaman eceng gondok yang tumbuh liar di sebuah waduk di Pasuruan, Jawa Timur. Di tangan-tangan kreatif para perajin UMKM Wins Rajut, eceng gondok yang kerap dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan ''disulap'' menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Pekerja mengambil tanaman eceng gondok yang tumbuh liar di sebuah waduk di Pasuruan, Jawa Timur. Di tangan-tangan kreatif para perajin UMKM Wins Rajut, eceng gondok yang kerap dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan ''disulap'' menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi.
Rumput liar

Halaman yang penuh dengan rumput liar atau gulma tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga bisa menarik tikus ke rumahmu.

"Beberapa spesies gulma yang disukai termasuk ekor rubah (foxtail), kubis kantung gembala (shepherd's purse), apera spica-venti (silky bent grass)," kata Craig Sansig, seorang ahli entomologi dan direktur layanan bersertifikat di Viking Termite and Pest Control, Inc.

Sansig menambahkan bahwa kecenderungan tikus untuk menggigit kabel dan benda silinder lainnya adalah perilaku yang mungkin berasal dari mengunyah batang tanaman untuk mendapatkan akses ke benih di atas.

Tanaman stroberi

Apakah kamu memiliki buah beri atau tanaman stroberi yang tumbuh liar di halaman rumahmu? Jika iya, buah-buahan lezat itu dapat menjadi camilan bagi tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah Menggunakan Bubuk Cabai Merah

"Tikus di alam liar umumnya herbivora, yang berarti mereka memakan tumbuhan dan bahan tanaman. Mereka lebih suka makan hal-hal seperti buah-buahan," kata Nancy Troyano, PhD, ahli entomologi bersertifikat dari Ehrlich Pest Control.

Nancy mencatat bahwa tikus sangat menikmati stroberi, bahkan akan memakannya sebelum matang.

Ilustrasi tanaman jagung.SHUTTERSTOCK/AEDKA STUDIO Ilustrasi tanaman jagung.
Batang jagung

Kamu bukan satu-satunya yang menikmati jagung yang kamu tanam di kebunmu, karena tikus juga menyukainya.

"Jagung dan biji-bijian adalah tanaman utama yang akan mendorong tikus ke rumahmu. Biji jagung adalah makanan manis untuk mereka santap," kata Sharon Roebuck, pemilik Eastside Exterminators.

Sayuran umbi dan akar

Tikus akan tertarik pada semua jenis sayuran yang tumbuh rendah atau di dalam tanah. Ini bisa termasuk kentang, zucchini, wortel, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Tanda Tikus Bersarang di Rumah

"Karena mereka berada di dalam tanah, tikus memiliki akses yang mudah ke sana dan akan membuat makanan dari sayuran berhargamu,"kata Roebuck.

Jika tikus memiliki sumber makanan yang tersedia dekat dengan tanah di dekat rumahmu, tidak akan lama mereka masuk ke dalam rumahmu.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com