Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tikus di Dalam Rumah? Ini 4 Hal yang Harus Segera Dilakukan

Kompas.com - 19/12/2021, 08:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlepas dari ukuran, model, atau usia rumah Anda, hama tertentu selalu berhasil masuk. Salah satunya adalah tikus.

Menurut Kari Warberg Block, pakar pencegahan hama dan pendiri serta CEO EarthKind, hewan pengerat ini bisa menjadi salah satu jenis yang lebih sulit dikenali. Tapi jangan takut, masih ada cara untuk memastikan tikus dapat dideteksi dan dikeluarkan dari rumah.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (19/12/2021), Warberg Block menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda melihat tikus di rumah dan cara mencegahnya datang.

Baca juga: Bau Urine Tikus Tercium di Rumah? Atasi dengan Cara Ini

1. Cari tahu dari mana tikus berasal

Saat pertama kali melihat tikus di rumah, Warberg Block mengatakan langkah pertama adalah segera mencari tahu dari mana asalnya.

"Membasmi tikus itu penting, tapi itu bukan solusi jika masih ada pintu putar yang membiarkan lebih banyak tikus masuk," kata Warberg Block.

Untuk mencari tahu di mana ia mungkin bersembunyi, ambil senter dan lihat di bawah lemari, wastafel, peralatan, seperti kompor atau mesin pencuci piring, dan di bagian belakang laci dan lemari.

Karena tikus sering mencari perlindungan di bagian rumah Anda yang tidak terganggu, Warberg Block mencatat bahwa Anda juga harus memeriksa "titik panas" seperti dapur, ruang kosong di bawah atau di belakang lemari, ventilasi pengering dan sistem ventilasi, ruang bawah tanah, loteng, dan insulasi.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah Menggunakan Bubuk Cabai Merah

"Jika tikus masih menghindari Anda, coba rahasia ini. Taburkan bedak bayi atau baking powder di lantai di mana pun Anda pikir mungkin ada tikus," tambahnya.

"Saat tikus keluar dari persembunyiannya, ia akan meninggalkan jejak kaki, membantu Anda mengidentifikasi dari mana asalnya dan ke mana tujuannya," imbuh Warberg Block.

2. Perhatikan lebih lanjut

"Hati-hati dengan tanda-tanda tikus ini, yakni remah atau sisa makanan berserakan, noda berminyak di sepanjang dinding dan papan lantai, lubang misterius atau bukti mengunyah bungkus atau kotak makanan, suara mencicit atau berlarian, dan kotoran yang terlihat seperti butiran hitam," ujar Warberg Block.

Tanda-tanda kunci lainnya adalah bau pesing atau bau urin. Jika Anda melihat benda yang robek di rumah, seperti kertas, kemungkinan besar Anda telah menemukan tempat berkembang biak tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com