Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Warna yang Dapat Memberi Ketenangan dan Mengurangi Stres

Kompas.com - 12/12/2021, 11:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tak hanya menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan saja, tapi juga menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian.

Faktor paling penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan di rumah adalah warna pada ruangan tersebut. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Digunakan untuk Membuat Kamar Tidur Nyaman

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (12/12/2021), mata adalah penerima banyak gambar yang tampaknya dipupuk kromatisme. Jika pandangan dari mata menenangkan, seseorang akan mencapai kesejahteraan batin. 

Tak heran, ada beberapa warna yang memberi ketenangan dan menekan stres. Berikut sejumlah warna yang menenangkan dan mengurangi stres. 

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Motif dan Warna Bulu Kucing, Apa Saja? 

Warna anti-stres: nada gelap menyampaikan ketenangan

Dalam kelompok warna ini, penting untuk menyoroti rentang warna biru. Baik nila dan biru laut sangat erat kaitannya satu sama lain.

Beberapa warna hijau seperti botol atau pinus hijau menghasilkan harapan, yang pada gilirannya memberi ketenangan. Biru juga mudah dipasukan dengan warna lain seperti warna netral.

Warna-warna gelap menawarkan tampilan yang redup, tetapi akomodatif. Warna ini  menyampaikan ketenangan dan keseriusan yang secara langsung mempengaruhi rumah. 

Baca juga: 4 Tips Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna-warna Mencolok 

Empat corak dan nada warna antistres

Ketika menyebutkan beberapa warna paling santai yang digunakan dalam interior rumah, Anda harus memilih yang paling sesuai untuk setiap ruangan.

Melalui warna ini, Anda secara visual merasakan perasaan dan pengalaman bawah sadar. Berikut adalah empat warna dan nada yang menawarkan perasaan tenang serta mengurangi stres. 

  • Pink pastel 

Salah satu nada yang mengejutkan serta memancarkan perasaan tenang dan santai. Saat dipadukan dengan warna-warna hangat, terciptalah suasana unik dan damai. Menerapkannya dengan nuansa lain direkomendasikan untuk menghasilkan dinamisme pada ruangan. 

Baca juga: Selain Merah, Ini 6 Warna yang Cocok untuk Dekorasi Natal

  • Abu-abu gelap dan terang

Abu-abu, baik gelapan maupun terang, mampu mengurangi stres. Sebaiknya, tambahkan warna lain yang hangat dan intens untuk kontras karena terlalu banyak abu-abu bisa menjadi sedikit hambar, terasa mendominasi, dan berlebihan. 

  • Biru pastel 

Salah satu nada yang paling populer karena menyukai luminositas internal dan melembutkan ruangan. Biru juga membantu membersihkan ruangan dan menjernihkan pikiran sepenuhnya. 

Jika ingin menghasilkan efek lebih canggih dan alternatif, biru zamrud adalah pilihan yang layak untuk dinding. 

Baca juga: 7 Warna Interior Rumah yang Akan Populer di Tahun 2022 

Warna putih memberikan ketenangan 

Salah satu warna antistres terbaik adalah putih. Ini mempromosikan perasaan kebersihan dan sangat bagus meningkatkan kecerahan setiap ruangan.

Ada beberapa nuansa putih seperti off-white yang mencoba memberikan kehangatan tanpa terlalu terang. Sebenarnya, ini dianggap sebagai warna kusam, tetapi menawarkan nuansa lebih gamblang serta menenangkan jiwa batin.

Untuk kamar mandi, warna putih dapat mempromosikan kesehatan dan kebersihan. Karakter halus yang digambarkannya berarti juga cocok untuk ruang keluarga dan kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber decor tips
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com