Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 10/12/2021, 15:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas yang menyerang membuat peralatan elektronik di dalam rumah seperti AC lebih bekerja keras daripada hari-hari biasanya.

Namun, dilansir dari CNET, Jumat (10/12/2021), menyalakan AC dapat membebani sistem yang terlalu berat, terutama jika Anda bersikeras menjaga suhu di dalam ruangan tetap dingin.

Sayangnya, meski sudah menggunakan AC, terkadang ruangan tidak dingin secara menyeluruh ketika cuaca panas. Baik AC split maupu AC jendela, ada beberapa cara mengatasi masalah ini tanpa perlu melakukan perbaikan. 

Baca juga: Menggunakan 1 Unit AC untuk 2 Ruangan Berbeda, Efektifkah?

Ganti filternya

Saat cuaca sedang panas, ruangan di dalam rumah membutuhkan waktu lebih lama dingin daripada hari biasanya.

Untuk mengatasinya, coba lihat bagaimana keadaan filter AC. Mungin sudah waktunya  membersihkan atau mengganti filter udara pada AC, tergantung apakah memiliki filter yang dapat digunakan kembali atau sekali pakai. 

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Pemeliharaan AC Secara Rutin

Lepaskan filter (Anda mungkin perlu memeriksa manual AC untuk menemukannya) dan dekatkan ke lampu.

Jika tidak dapat melihat cahaya bersinar melaluinya, bisa jadi filter tersumbat debu sehingga menghambat aliran udara dan membuat unit AC bekerja kurang efisien. 

Baca juga: 6 Manfaat Air Buangan AC untuk Kehidupan Sehari-hari

Namun, apabila memiliki filter sekali pakai, cukup ganti dengan yang baru. Jika itu adalah filter yang dapat dicuci (sekali lagi, periksa manual Anda), isi bak dengan air hangat secukupnya dan beberapa tetes cairan pencuci piring ringan.

Masukkan filter ke dalam bak dan biarkan filter meresap cairan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Hilangkan kelebihan air dari filter serta biarkan mengering sebelum memasangnya kembali. 

Baca juga: 5 Tips Menghemat Tagihan Listrik Saat Menggunakan AC di Rumah 

Perbaiki apakah unit AC beku

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
Masalah kedua yang dihadapi adalah unit AC mengeluarkan udara, tetapi ruangan tidak dingin. Terkadang ketika AC bekerja tanpa henti untuk menahan panas, koil evaporator membeku.

Letakkan tangan Anda di samping unit di dekat tempat filter berada. Jika terasa sangat dingin, mungkin kumparan tersebut membeku di dalam unit, bahkan Anda mungkin melihat es menggantung dari unit AC.  

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Tepat Meletakkan Unit AC Outdoor

Matikan mode pendinginan dan nyalakan mode kipas atau fan agar kumparan evaporator mencair. Saat melakukannya, pastikan filter dan gulungan di sekitar filter bebas debu.

Debu juga bisa membuat unit AC membeku. Pencairan bunga es bisa memakan waktu beberapa jam sehingga bisa menunggunya agak lama. 

Hal yang perlu diingat adalah jangan menggunakan AC pada pengaturan dingin jika Anda menduga AC membeku. 

Baca juga: 5 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Efektif Saat Udara Panas

Ini dapat merusak kompresor (komponen penting) yang menyebabkan perbaikan mahal. Sekali lagi, nyalakan mode kipas saja atau matikan seluruh unit AC sampai es mencair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com