Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Lihat Hantu, Ini Alasan Kucing Menatap ke Dinding Kosong

Kompas.com - 09/12/2021, 22:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan terkadang sering menatap ke dinding kosong. Tentu hal ini membuat Anda bertanya-tanya apa yang dilihat sahabat bulu.

Apa mungkin kucing melihat hantu? 

Baca juga: Menyisir Bulu Kucing Bermanfaat untuk Kesehatan Anabul, Apa Saja?

Dilansir dari Cuteness, Kamis (9/12/2021), kucing memiliki tingkat persepsi yang lebih tinggi daripada manusia. Sebetulnya, kucing bukan melihat sesuatu yang kosong, tetapi melihat atau mendengar sesuatu yang tidak dapat disadari manusia.

Kucing memiliki penglihatan yang tajam sejak berevolusi menjadi pemburu. Misalnya, kucing peliharaan mungkin memperhatikan pergerakan partikel debu atau laba-laba yang bergerak pada karpet yang tidak Anda sadari. 

Baca juga: Muncul Bintik-bintik Hitam pada Hidung Kucing, Berbahayakah? 

Kucing bisa mendengar lebih baik daripada manusia 

Ilustrasi kucing dan pohon natalUNSPLASH/kevin turcios Ilustrasi kucing dan pohon natal
Kucing dapat mendengar suara dalam kisaran rendah yang sama dengan manusia, tetapi kucing dapat mendengar nada yang jauh lebih tinggi daripada manusia.

Bahkan jangkauan yang bisa didengar kucing lebih tinggi daripada anjing. Telinga kucing dapat berputar ke segala arah, yang memungkinkan mereka menentukan lokasi suara dengan sangat baik.

Selain itu, kucing juga mampu membedakan suara yang terjadi sedekat 7,6 sentimeter. Jadi, ketika melihat kucing tampak hanya menatap, biasanya mereka mendengar sesuatu yang sangat spesifik.

Misalnya, ada serangga yang bergerak di balik tirai atau tikus yang dapat didengar kucing yang tidak dapat Anda dengar.  

Baca juga: Benarkah Perilaku Kucing Jantan Berubah Setelah Disteril? 

Penginderaan cahaya

Penglihatan kucing sangat berbeda dengan manusia. Sebuah studi pada 2014 melaporkan bahwa manusia tidak dapat melihat dalam kisaran sinar ultraviolet, tapi banyak hewan, termasuk kucing, dapat melihat dalam kisaran ultraviolet.

Cahaya memiliki spektrum luas yang meliputi cahaya tampak, dari merah hingga ungu, yang dapat dilihat manusia. Di luar itu, terletak panjang gelombang ultraviolet yang tidak terlihat oleh kita. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Mengeong Lebih Sering

Mata terdiri atas dua jenis sel sensorik, yakni batang dan kerucut. Kerucut membedakan warna, sementara batang mendeteksi gerakan.

Menurut VCA Hospitals, manusia memiliki lebih banyak kerucut daripada kucing, tetapi kucing memiliki lebih banyak batang.

Kucing dapat melihat dengan jelas, tetapi hanya dari dekat. Namun, mereka dapat melihat gerakan kecil pada jarak yang jauh dan dapat melihat lebih baik dalam cahaya redup. 

Baca juga: Kucing Tidur Terus, Apakah Normal?

Sains tidak sepenuhnya memahami otak kucing. Kucing adalah makhluk yang memilikin rasa ingin tahu yang besar.

Ketika kucing berperilaku yang dianggap aneh bagi Anda, itu mungkin sesuatu yang benar-benar normal bagi kucing. Kucing terpikat oleh sesuatu yang terlalu kecil atau di luar jangkauan persepsi normal manusia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com