Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 21:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA. KOMPAS.com - Banyak orang berpikir bahwa mendekorasi sofa bukan sesuatu yang perlu dipikirkan. 

Namun, sebenarnya, ada beberapa trik sederhana yang dapat membantu membuat sofa tampak lebih menonjol, salah satunya mendekorasinya dengan bantal sofa

Baca juga: Simak, Ini Trik Menghilangkan Aneka Noda pada Sofa Kulit Putih

Mendekorasi sofa dengan bantal sofa adalah sesuatu yang sederhana, tetapi membutuhkan fokus untuk menjaga keseimbangan antara bentuk dan ukuran.

Aspek seperti ukuran, warna, dan penempatan bantal sofa yang dipilih akan mempengaruhi keseluruhan tampilan sofa. 

Dilansir dari Decor Tips, Selasa (30/11/2021), berikut tips mendekorasi sofa dengan bantal sofa.  

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Furnitur pada Sofa yang Baru Dibeli

Bekerja pada simetri

Saat mendekorasi sofa dengan bantal, penting memahami konsep simetri dengan jelas. Ini berarti menatanya dengan tepat dalam bentuk, ukuran, dan posisi bagian-bagian dari keseluruhan.

Dalam hal ini, perlu mengacu pada pentingnya menempatkan bantal sofa secara simetris dengan sofa. Jika tidak, kekacauan akan terlihat pada sofa dan ini akan mempengaruhi perasaan istirahat dan relaksasi.  

Baca juga: Berapa Sering Harus Mencuci Penutup Sofa? Ini Penjelasannya

Untuk menjamin tampilan yang diinginkan, mulailah mengatur bantal dari ujung sofa serta letakkan setiap bantal dengan jarak yang samaa. 

Bantal sofa yang lebih besar harus berada di samping dan bantal sofa lebih kecil berada di bagian dalam. Kamu dapat mendekorasi sepenuhnya dari depan atau secara diagonal. 

Baca juga: 5 Tips Membeli Sofa yang Awet dan Berkualitas

Pertimbangkan jumlah bantal sofa 

Ilustrasi sofa putih.UNSPLASH/NATHAN OAKLEY Ilustrasi sofa putih.
Tanpa mempengaruhi konsep simetri, aturan tentang jumlah bantal sofa yang digunakan tidak selalu mengikat.

Namun, praktik dekorasi terbaik menunjukkan harus menggunakan jumlah bantal sofa dalam jumlah ganjil seperti tiga, lima, tujuh, atau sembilan.  Ini membuat sofa terasa dan terlihat alami sekaligus santai. 

Baca juga: Ciri-ciri Sofa Sudah Harus Diganti yang Baru

Ukuran bantal sofa 

Karena sangat penting menjaga simetri dan keseimbangan, penting memilih ukuran bantal sofa yang sesuai dengan ukuran sofa.

Untuk sofa standar, ukuran bantal sofa yang terbaik adalah 50 sentimeter x 50 sentimetert sehingga tidak melampaui batas.

Meski tidak harus memiliki ukuran sama, bantal sofa berukuran kecil yang dicampur dengan bantal sofa besar tidak akan memberikan keseimbangan yang dibutuhkan. 

Baca juga: Sofa Kain Berbau? Ini Cara Mengatasinya

Pilih kombinasi bentuk dan desain

Bantal sofa persegi berpadu sangat baik dengan bantal sofa persegi panjang dan bulat. Mencampur desain bantal sofa juga diperbolehkan karena ini menambah dinamisme dan sentuhan kepribadian pada sofa. 

Tentu saja, desain bantal sofa harus dipadukan dengan warna dasar sofa dan nuansa aksesori seperti selimut, gorden, karpet, dan wallpaper.

Salah satu opsinya adalah menggabungkan bantalan polos dengan cetakan bergaris, bintik, dan bunga dengan desain lain yang sesuai gaya dekoratif rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com