Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Diberikan ke Guinea Pig

Kompas.com - 30/11/2021, 07:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guinea pig atau tikus belanda adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Namun demikian, perawatannya harus dilakukan secara cermat untuk memastikan kesehatannya.

Memberi makan guinea pig peliharaan Anda dengan nutrisi yang ideal akan memastikan kesehatan yang baik dan umur panjang.

Dilansir dari Love to Know, Selasa (30/11/2021), guinea pig memiliki kebutuhan nutrisi khusus yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan jika tidak dipenuhi dengan benar. Berikut panduan mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan pada guinea pig.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Memandikan Guinea Pig Peliharaan

Ilustrasi guinea pig sedang makan. PIXABAY/VIOLETTA Ilustrasi guinea pig sedang makan.

Pakan pelet guinea pig

Pelet guinea pig diformulasikan dengan vitamin C. Pelet kelinci terlihat hampir sama, tetapi tidak mengandung vitamin C tambahan yang dibutuhkan guinea pig.

Jangan memberi makan pelet kelinci meskipun harganya jauh lebih murah, karena ini akan mengganggu kesehatan guinea pig. Selalu beli pelet dari sumber paling segar yang dapat Anda temukan karena vitamin C cepat rusak.

All Creatures Animal Hospital (ACAH) merekomendasikan untuk membatasi guinea pig dewasa hingga dua sendok makan pelet setiap hari.

Pelet paling bermanfaat bagi guinea pig muda yang masih tumbuh, tetapi umumnya mengandung lebih banyak protein dan kalsium daripada kebutuhan rata-rata guinea pig dewasa.

Baca juga: Bolehkah Kucing dan Anjing Diberi Makanan yang Sama?

Jerami timothy atau timothy hay segar adalah sumber serat dan nutrisi yang sangat baik, dan harus menjadi bagian terbesar dari makanan guinea pig.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com