Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada TV Layar Datar

Kompas.com - 24/11/2021, 14:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan kemajuan zaman, penggunaan televisi (TV) layar datar semakin banyak digunakan masyarakat.

Namun, membersihkan layar TV datar tidak boleh sembarangan karena ada beragam hal yang tidak boleh dilakukan terhadap TV layar datar demi menghindari dari kerusakan. 

Dilansir dari Family Handyman, Rabu (24/11/2021), berikut tujuh hal yang tidak boleh dilakukan pada TV layar datar

Baca juga: 3 Material Rak TV yang Sesuai dengan Dekorasi Ruangan

Membersihkan TV layar datar dengan bahan kimia

Ilustrasi membersihkan TV. PEXELS/COTTONBRO Ilustrasi membersihkan TV.
Bahan pembersih berbahan kimia keras dapat merusak layar TV dan handuk kertas serta bahan abrasif lainnya dapat menggoresnya.

Sebagai gantinya, ikuti metode yang lebih tradisional untuk membersihkan layar TV. Caranya, matikan TV layar datar terlebih dulu, lalu bersihkan dengan lap kering bersih.

Jika benar-benar perlu, basahi lap kering dengan larutan air dan cuka dengan perbandingan sama, lalu bersihkan layar TV datar. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Layar TV

Menempatkan TV datar sembarangan

Salah satu manfaat terbesar dari memiliki TV layar datar adalah penempatannya tidak  memakan banyak ruang serta bisa dipasang pada dinding.

Namun, dalam memasang atau meletakkan TV layar datar, dibutuhkan perhatian sangat cermat. Jadi, pilih penempatan TV layar datar dengan hati-hati, temukan posisi terbaik, serta ikuti petunjuk yang disarankan dari buku petunjuk manual. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Garis-garis di Layar TV Datar

Mengharapkan home theater dari TV layar datar

Memiliki TV layar datar bukan berarti bisa meningkatkan volume sebesar mungkin. Ingat, tampilan dan komponen TV layar datar lebih tipis dan ramping dan begitu juga speaker-nya.

Pada titik ini, hampir semua speaker tidak dirancang untuk menghasilkan suara yang luar biasa. Jika menginginkan suara yang begitu besar, manfaatkan soundbar dan sejenisnya.

Meremehkan potensi TV layar datar terjatuh

TV layar datar memiliki berat lebih ringan dibanding televisi tabung. Namun, TV layar datar bisa berbahaya, bila posisi penempatannya salah.

Misalnya, bila TV diletakkan di rak TV, ini bisa dipanjat atau dinaiki anak kecil. Untuk TV layar datar yang tidak dipasang pada dinding,kamu harus memiliki dudukan TV yang kokoh dengan ukuran yang sesuai untuk TV layar datar. 

Sebagai tindakan pencegahan, beli tali pengaman yang akan menambatkan TV layar datar ke dinding. Untuk lebih aman, sebaiknya pasang TV layar datar ke dinding dan berhenti mengkhawatirkannya terjatuh. 

Baca juga: Hilangkan Kuman dan Bakteri di Remote TV dengan Cara Ini

Memilih penempatan yang canggung

Ilustrasi TV layar datarUnsplash/Jens Kreuter Ilustrasi TV layar datar
TV layar datar kerap ditempatkan terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang mengakibatkan seseorang yang menonton menjadi kaku.

Karena itu, pastikan TV layar datar ditempatkan dengan pas dan tidak membuat orang canggung untuk menonton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com