Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Aliran Udara di Rumah Tidak Seimbang dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 23/11/2021, 16:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliran udara di rumah idealnya harus seimbang dengan sempurna agar ruangan-ruangan di rumah tetap hangat pada cuaca panas dan sejuk pada cuaca dingin. 

Namun, terkadang hal ini tidak berhasil. Sebagian ruangan di rumah ada yang hangat, beberapa ada yang dingin meski saat itu cuaca sedang panas.  

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik di Dapur untuk Hilangkan Racun dari Udara

Hal ini kemungkinan besar karena aliran udara yang tidak seimbang di sistem panas dan pendingin rumah Anda. Lantas, bagaimana menyeimbangkan aliran udara?

Melansir dari Family Handyman, Selasa (23/11/2021), ada beberapa alasan aliran udara di rumah menjadi tidak seimbang sejak awal dan beberapa perlu ditangani untuk memperbaiki masalah ini.

Berikut adalah beberapa penyebab aliran udara di rumah tidak seimbang dan cara memperbaikinya. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Udara di Dalam Rumah Lebih Sehat dan Berkualitas 

Saluran udara tidak terisolasi

Jika ruangan lebih jauh dari unit AC, udara akan memiliki lebih banyak waktu untuk mendapatkan panas saat melewati rumah.

Salah satu cara mengatasinya adalah memastikan bahwa semua saluran terisolasi sehingga udara di dalamnya tidak terlalu terpengaruh faktor eksternal.  

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Udara Dalam Ruangan Tetap Segar

Udara tidak bergerak

Ketika datang ke rumah yang lebih besar, aliran udara dapat mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan dengan baik. 

Hal-hal seperti saluran panjang dan fakta bahwa panas naik secara alami dapat membuat pengondisian udara ke semua ruangan di rumah besar menjadi hal sulit.

Jika melihat masalah keseimbangan udara di rumah bertingkat, Anda perlu melihat sistem pendingin udara.

Untuk AC bekerja lebih efisien di rumah yang lebih besar, Anda perlu membaginya menjadi beberapa bagian tertentu dan memperlakukannya satu per satu dengan termostat atau pengukur suhu terpisah untuk masing-masing.   

Baca juga: Catat, 7 Cara Menyegarkan Udara di Kamar Mandi

Ukuran AC tidak sesuai dengan ruangan

Ilustrasi AC.SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIO Ilustrasi AC.
Ada kemungkinan alasan pemanasan dan pendinginan di rumah tidak merata  karena sistem AC terlalu kecil atau terlalu besar untuk rumah Anda.

Dalam beberapa kasus, sistem pendingin udara atau AC berukuran besar dimatikan terlalu cepat sebelum mempengaruhi setiap ruangan di rumah dengan benar.

Hal ini dapat diatasi dengan membiarkan pintu terbuka dan menggunakan kipas angin untuk mengalirkan udara ke seluruh rumah.  

Baca juga: 4 Trik Membuat Udara yang Diembuskan Kipas Angin Lebih Dingin

Di sisi lain, unit AC yang kecil, tidak dapat mengikuti ukuran luas rumah sehingga membuat aliran udara tidak konsisten dan tidak memadai.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah menambahkan sistem tambahan atau meningkatkan ke unit AC yang lebih besar yang dapat menangani ukuran rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com