Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Propagating Plants atau Memperbanyak Tanaman

Kompas.com - 21/11/2021, 14:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika mempertimbangkan pentingnya perbanyakan tanaman atau propagating plants, penting untuk diingat bahwa propagating plants adalah cara tanaman berproduksi dan terus bertahan hidup.

Selain memastikan kelangsungan setiap spesies dan varietas, propagating plants juga merupakan cara yang hemat biaya untuk mendapatkan lebih banyak tanaman untuk kebun Anda dan metode untuk menciptakan kultivar dan varietas baru dengan karakteristik unik dan tahan penyakit.

Lalu, apa saja manfaat propagating plants? Melansir dari Home Guides pada Minggu (21/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menaman Daun Kelor di Polybag dengan Teknik Biji dan Stek Batang

Metode berkebun hemat

Ketika Anda merencanakan kebun bunga atau sayuran, mudah untuk menghabiskan berjam-jam di pembibitan.

Meskipun ini tentu saja cara tercepat dan termudah untuk berkebun, Anda dapat menghemat uang dengan memperbanyak tanaman sendiri atau menggunakan teknik propagating plants.3

Baca juga: Buang Bayi ke Tas Boks Jasa Antar Makanan, Orangtua Tinggalkan Surat Wasiat, Ini Isinya

Anda dapat membeli benih dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada membeli bibit, atau Anda bahkan dapat mengumpulkan benih dari tanaman Anda dan menyimpannya untuk penanaman berikutnya. 

Menanam benih sendiri memang lebih repot, karena Anda perlu menyediakan benih dengan lingkungan yang hangat yang memiliki pencahayaan dan air yang sesuai agar benih dapat berkecambah.

Tanaman yang tumbuh dari umbi secara alami akan menyebar di kebun Anda. Secara berkala, Anda perlu menggalinya untuk menipiskan tanaman, dan Anda dapat menanam kembali umbi secara terpisah di lokasi atau pot baru. Beberapa tanaman juga dapat diperbanyak dengan mengambil stek atau dengan layering.

Baca juga: Penyakit Layu Tanaman Cabai, Penyebab dan Cara Menanganinya

Memasok tanaman secara berkelanjutan

Banyak tanaman lambat tumbuh atau berkecambah atau berumur pendek. Perencanaan ke depan dan menyebarkan tanaman ini akan memastikan Anda akan selalu memiliki tanaman favorit Anda mekar dan tumbuh di kebun.

Membiarkan pembibitan sendiri menciptakan tampilan taman liar atau pondok, dan Anda dapat menikmati bahkan bunga tahunan dan berumur pendek dari tahun ke tahun jika bunganya kuat di zona iklim Anda, catat Millcreek Gardens.

Baca juga: 3 Tanaman Feng Shui yang Netralkan Energi Negatif di Kamar Mandi

Menanam stek atau mencabut dan menanam kembali pucuk juga memungkinkan Anda untuk memulai tanaman dan pohon baru.

Banyak pohon membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai ukuran yang memungkinkan mereka menawarkan keteduhan atau privasi, jadi jika pohon tua Anda mencapai akhir masa hidupnya, memulai pohon baru lebih awal memastikan Anda memiliki pohon berukuran baik untuk menggantikan yang lama. Ini juga menghemat uang Anda daripada membeli pohon muda dari pembibitan.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Pupuk Kandang untuk Tanaman di Rumah

Mencegah Kepunahan Tanaman

Ilustrasi tanaman hias 

Dok. SHUTTERSTOCK Ilustrasi tanaman hias

Sementara banyak orang menyadari pentingnya melestarikan spesies hewan yang terancam punah, perhatian yang diberikan pada tanaman yang terancam punah jauh lebih sedikit.

Meskipun menyebarkan tanaman yang terancam punah bukanlah sesuatu di mana sebagian besar tukang kebun rumah cenderung berpartisipasi, ini merupakan pertimbangan penting bagi banyak ahli botani dan konservasionis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com