Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2021, 17:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada banyak cara untuk menghemat biaya sekaligus mempercantik taman menggunakan barang-barang bekas yang dapat digunakan kembali sebagai hiasan atau wadah-wadah tanaman. Misalnya, menggunakan botol-botol bekas yang tak terpakai.

Daripada dibuang dan jadi sampah, berikut ini ide menjadikan botol kaca bekas sebagai hiasan hingga pot untuk tanaman di rumah Anda. Melansir dari Treehugger pada Kamis (11/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: DIY Membuat Tatakan Laptop dari Triplek dan Kain Perca

Gunakan botol kaca sebagai pembatas taman

Setelah dipotong, letakkan batang yang berakar di botol kaca, vas atau gelas kaca yang diisi air.KOMPAS.COM/Dian Reinis Kumampung Setelah dipotong, letakkan batang yang berakar di botol kaca, vas atau gelas kaca yang diisi air.

Botol kaca dalam jumlah besar dapat digunakan untuk sejumlah proyek ramah lingkungan di kebun Anda.

Ide pertama adalah menggunakannya untuk pembataas taman atau dinding taman. Botol kaca dapat diletakkan di bawah tanah untuk menciptakan tepian yang menarik di sekitar bedengan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa botol-botol yang diletakkan terbalik di dalam tanah juga dapat diisi air dan memiliki lubang-lubang di bagian tutupnya.

Kemudian tamabahkan massa termal untuk menjaga suhu stabil di area taman. Selain itu, cara ini juga bisa dipakai untuk menyiram tanaman dari tanah agar tetap lembab dan tidak kering.

Botol kaca juga dapat digunakan seperti batu bata atau bahan bangunan alami lainnya. Tembok rendah atau dinding batako dengan botol kaca yang diletakkan dari depan ke belakang dapat terlihat sangat menakjubkan dan menjadi fitur desain yang bagus untuk taman.

Baca juga: DIY Membuat Tempat Bumbu Dapur dari Botol Bekas

Buat jalur botol kaca

Ide menarik lainnya melibatkan penanaman botol kaca di tanah, dengan posisi terbalik sebagai jalur atau area setapak di taman Anda.

Meskipun harus berhati-hati dan jalur ini dapat menjadi licin, jalur ini dapat terlihat sangat indah untuk area lalu lintas yang lebih rendah, terutama jika Anda menggunakan botol dalam berbagai warna dalam desainnya.

Tak hanya itu, menanam tanaman di sekitar botol seperti thyme antara botol dapat menekan gulma, dan menciptakan efek yang menakjubkan.

Baca juga: DIY Membuat Tempat Bumbu Dapur dari Botol Bekas

Gunakan botol kaca dalam konstruksi rumah kaca

Botol kaca tidak hanya dapat digunakan di tepi atau dinding kaca. Botol-botol ini juga dapat dimasukkan ke dalam struktur taman eco-build digunakan sebagai alternatif untuk kaca rumah kaca di area tertentu.

Ada berbagai cara cerdik untuk membangun rumah kaca yang hanya menggunakan bahan-bahan alami dan reuseable.

Baca juga: DIY Membuat Tas Belanja dari Kaus Bekas

Hiasan taman

Rumah kaca bukan satu-satunya bangunan taman DIY yang dapat Anda bangun menggunakan botol kaca bersama dengan bahan-bahan alami lainnya.

Banyak orang menggunakan botol kaca sebagai hiasan taman, lampu, wadah tanaman, hingga pagar dan lainnya.

Baca juga: DIY 5 Jenis Larutan Pembasmi Serangga di Rumah, Apa Saja?

Sebagai pot bunga

Bahkan satu botol pun bisa berguna untuk kebun Anda. Misalnya, sebagai pot tanaman lalu tempelkan tali jerami dan pasang menggantung di dinding taman.

Selain sebagai hiasan, cara ini juga memudahkan Anda ingin berkebun di mana pun tanpa menghabiskan banyak lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com