Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Kepedulian pada Hewan, Pet Kingdom Kembali Gelar Care For Paw

Kompas.com - 08/11/2021, 20:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pet Kingdom, pusat perawatan dan kebutuhan hewan peliharaan dari Kawan Lama Group, untuk keempat kalinya melaksanakan kegiatan sosial tahunan Care For Paw selama periode September-Oktober 2021.

Rangkaian acara Care for Paw dimulai dari kegiatan pengumpulan donasi makanan, rabies day atau hari pemberian vaksin rabies gratis, hingga virtual adoption day atau hari mengadopsi hewan secara virtual. 

Baca juga: 4 Ciri Kucing yang Terinfeksi Rabies dan Cara Mencegahnya

Dalam kegiatan tahun ini, Pet Kingdom berhasil menyalurkan lebih dari 4,5 ton makanan anjing dan kucing dari pelanggan dan partner bisnis ke-14 animal shelter (rumah singgah hewan) di Jakarta, Bogor, Bekasi, juga Bandung.

Yoana Vebrie, General Manager Pet Kingdom, menuturkan bahwa kegiatan ini diadakan secara rutin untuk terus mengajak para pemilik hewan peliharaan dan pencinta hewan menyalurkan kepedulian kepada kesejahteraan anjing dan kucing yang ada di rumah penampungan hewan. 

Baca juga: 5 Jenis Hamster Paling Populer yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

"Terlebih selama pandemi terdapat lonjakan jumlah hewan yang masuk ke shelter, baik karena ditelantarkan maupun diserahkan secara terpaksa oleh pemiliknya karena tuntutan ekonomi. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap shelter-shelter rekanan kami," jelas Vebrie dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Hal tersebut diamini Davina Veronica Hariadi, model sekaligus pendiri yayasan pencinta hewan, Natha Satwa Nusantara, salah satu shelter penerima manfaat dari Pet Kingdom di Jakarta.

Davina mengatakan Natha Satwa Nusantara menghadapi berbagai permasalahan selama pandemi. Mulai dari, lonjakan jumlah hewan yang masuk, jumlah donasi yang menurun, hingga banyaknya calon orang tua asuh (OTA) yang mengundurkan diri. 

Baca juga: Produk Pembersih dengan Bahan Aktif Ini Berbahaya bagi Hewan Peliharaan

Bahkan, pada awal pandemi, pihaknya sempat kewalahan karena uang kas menipis serta hanya bisa untuk menghidupi shelter selama seminggu.

"Namun, saat ini, kondisi sudah mulai membaik, terlihat dari peningkatan jumlah adopsi di shelter kami selama beberapa bulan ke belakang," jelas Davina.

Selain Natha Satwa Nusantara, Pet Kingdom juga menyalurkan donasi makanan anjing dan kucing ke-13 shelter lainnya yang tersebar di empat kota. 

Baca juga: 7 Tips Mempersiapkan Hewan Peliharaan Menghadapi Musim Hujan

Mulai dari, shelter di DKI Jakart,  yaitu Yayasan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), shelter Pak Johan, shelter Melati, Rumah Singgah Ting Ping Ping, shelter Pejaten, hingga Maria Stray Home.

Di Kota Bogor, terdapat Rumah Kucing Parung dan di Kota Bekasi terdapat dua shelter, yaitu Rumah Kucing Abah Juna serta Asrama Kucing Bekasi.

Sedangkan, untuk Kota Bandung terdapat empat shelter, yakni shelter Give Dog Second Chance, Jullian Home’s Foster, Bandung Dog Guardian, jugaLily Meilina. 

Baca juga: 5 Tips Melindungi Hewan Peliharaan Saat Cuaca Dingin agar Tetap Hangat

Pet Kingdom juga mengadakan acara virtual adoption day, yaitu acara daring yang menghubungkan para calon orang tua asuh dengan pihak animal shelter.

Tahun ini, acara virtual adoption day diadakan pada16 September 2021 dengan menggandeng shelter Melati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com