Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan Warna Ini di Dapur Kecil, Kata Psikolog

Kompas.com - 08/11/2021, 10:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat di dapur ternyata memengaruhi suasana hati Anda saat beraktivitas di dalamnya. Psikolog warna Lee Chambers mengungkapkan, ada beberapa warna yang sebaiknya tidak digunakan sebagai cat dinding maupun cat lemari dapur.

Menurut Chambers seperti dikutip dari Ideal Home, Senin (8/11/2021), warna cokelat dan abu-abu gelap tidak boleh digunakan di dapur kecil.

Kecuali jika Anda cukup beruntung untuk memiliki ruang terbuka yang besar lengkap dengan meja dapur yang besar, kebanyakan rumah saat ini memiliki dapur kecil.

Baca juga: 5 Masalah yang Sering Dihadapi Pemilik Dapur Kecil

Ide dapur kecil yang cerdas akan menjadikannya area yang praktis untuk menyiapkan makanan dan memberikan penjelasan tentang hari itu. Karena dapur seringkali kecil, Chambers mengatakan bahwa warna abu-abu gelap dan cokelat tidak ideal.

"Mereka bisa membuat ruangan terasa lebih dingin dan kurang mengundang," kata Chambers.

Dia mengatakan bahwa meskipun ini mungkin bertentangan dengan tren, kedua warna tersebut mungkin membuat memasak dan beraktivitas di dapur menjadi kurang menarik. Menurut Chambers, dapur adalah ruang di mana kebersihan adalah yang terpenting.

"Warna-warna ini identik dengan kotoran dan kurangnya sterilitas," jelas Chambers.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas dari Kuman

Di samping itu, menurut Chambers, cokelat dan abu-abu juga dapat menimbulkan unsur kesedihan. Ia mengatakan bahwa abu-abu dan cokelat bahkan bisa menumpulkan kreativitas memasak dan bersosialisasi.

Hal yang sama juga berlaku untuk penggunaan warna-warna cerah di dapur. Intensitas warna cerah bisa membuat suasana hati dan kegiatan memasak menjadi terganggu.

"Jika Anda stres dan gelisah saat menyiapkan makanan besar, intensitas warna cerah dan berani mungkin terlalu banyak, membuat Anda kesal dan kewalahan," tutur Chambers.

Jadi, warna lemari dapur atau warna cat dinding apa yang harus Anda pilih di dapur. Chambers menyarankan penggunaan warna yang lebih hangat dan ramah.

Halaman:
Sumber ideal home
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com