Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peralatan Dapur yang Ampuh Dibersihkan dengan Cuka

Kompas.com - 04/11/2021, 15:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bukan rahasia lagi jika cuka menjadi salah satu cairan penting dalam hal membersihkan rumah terutama peralatan dapur.

Selain itu, cuka juga digunakan sebagai tambahan dalam bumbu makanan sehingga mudah didapatkan, harganya pun terjangkau.

Lalu, peralatan dapur apa saja yang bisa dibersihkan dengan cuka? Melansir dari Home Made Simple pada Kamis (04/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Tips Membersihkan Peralatan dan Furnitur Kayu dengan Cuka

Peralatan masak berbahan stainless steel

Anda dapat melakukan pra-perawatan peralatan stainless steel dengan cuka dengan memercikkan beberapa cuka putih langsung ke peralatan lalu menyekanya dengan lap kering atau lap microfiber.

Cara ini dinilai ampuh untuk menghilangkan kotoran, lemak, goresan. Mulai dari mesin cuci piring stainless steel, lemari es, microwave, oven pemanggang roti, dan lainnya dapat dibersihkan dengan cuka.

Baca juga: Catat, 6 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka

Meja dapur

Menyimpan botol semprot berisi cuka encer (rasio 1: 1 dengan air hangat) di sekitar dapur adalah cara terbaik untuk membuat dapur tetap bersih.

Ini bisa membantu Anda membersihkan sisa makanan yang berserakan, cipratan saus, tetesan kopi, smoothie schmears, sisa bumbu dan sejenisnya.

Hindari menggunakan cuka pada meja yang terbuat dari granit atau marmer, karena cuka asam akan menyebabkan bekas goresan yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan 6 Benda Ini dengan Cuka

Lantai dapur

Ilustrasi membersihkan dapur, mengepel lantai dapur.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan dapur, mengepel lantai dapur.

Banyak lantai dapur terbuat dari vinil atau linoleum, yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan larutan cuka encer (rasio yang sama dengan permukaan meja).

Cukup campurkan cuka Anda ke dalam ember pel atau wadah pel semprot Anda, dan oleskan secara menyeluruh di semua lantai lalu pel merata dari dalam ke luar.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Microwave

Untuk bagian luar microwave, cukup oleskan sedikit cuka langsung ke bagian luar microwave Anda, mulai dari pintu dan gagangnya hingga keypad, dan gosok dengan lap microfiber. Untuk interior microwave, coba hangatkan semangkuk cuka selama 1 menit.

Cuka yang mengepul akan membantu menghilangkan noda dan cipratan pada bagian dalam microwave sehingga Anda dapat melanjutkan untuk menyekanya dengan lap basah. Selain itu, cuka juga dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada microwave.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian, dari Mencerahkan sampai Usir Bau

Kompor

Untuk kompor kaca, semprotkan cuka putih suling ke seluruh permukaan kompor Anda. Untuk noda makanan yang membandel, tambahkan soda kue di atas cuka, dan perhatikan saat noda minyak mendesis dan menggelembung.

Letakkan handuk basah yang panas di atas campuran soda kue dan cuka, lalu diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian lepaskan handuk, dan bilas semuanya dengan spons basah yang bersih.

Baca juga: Cara Membuat Larutan Cuka untuk Membunuh Gulma

Untuk kompor listrik, pastikan untuk melepaskan penangkap lemak dan koil pemanas. Kemudian semprotkan larutan cuka suling ke seluruh kompor, diamkan selama sekitar 5 menit dan bersihkan dengan lap bersih dan basah.

Untuk kompor gas, pastikan untuk melepas panggangan. Kemudian semprotkan larutan cuka suling ke seluruh kompor, diamkan selama sekitar 5 menit dan bersihkan dengan lap bersih dan basah.

 

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com