Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan dan Berat Badan Kucing Peliharaan

Kompas.com - 31/10/2021, 21:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika dokter hewan berbicara tentang berat badan kucing, biasanya fokus pada kucing yang mengalami obesitas.

Sementara obesitas adalah masalah kesehatan yang menonjol di antara kucing, banyak kucing juga berjuang karena kekurangan berat badan.

Sama halnya dengan menurunkan berat badan, menambah berat badan juga bisa menjadi masalah rumit bagi kucing.

Pertama, Anda harus mencari tahu mengapa kucing Anda kehilangan berat badan. Kemudian Anda dapat menentukan rencana tindakan yang mencakup diet yang akan membantu kucing Anda kembali ke berat badan yang sehat dengan ideal.

Melansir dari PetMd pada Minggu (31/10/2021) berikut ini tips menaikkan berat badan kucing.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Karpet

Temukan jenis makanan yang sesuai dengan preferensi kucing Anda

Langkah pertama yang paling penting adalah menemukan makanan yang disukai kucing Anda tetapi tidak menyebabkan sakit perut.

Anda menginginkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan diet mereka tetapi juga lezat sehingga ia ingin memakannya terus.

Bukan hal yang aneh jika kucing memiliki preferensi yang kuat untuk rasa, jenis (kalengan/kering), atau bahkan tekstur makanan tertentu.

Menavigasi preferensi kucing Anda adalah langkah pertama, dan paling penting, untuk membuat kucing Anda makan dengan sehat.

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Berbahaya untuk Kucing

Pastikan kandungan nutrisi pada makanan

Kucing adalah karnivora. Artinya, kucing perlu mendapatkan nutrisi penting untuk kesehatannya dari produk hewani.

Mangsa alami kucing, seperti tikus kecil, diperkirakan mengandung sekitar 55% protein, 45% lemak, dan 1-2% karbohidrat berdasarkan bahan kering.

Meskipun pemecahan nutrisi makro mangsa hanya 1-2% karbohidrat, kebanyakan kucing dapat menggunakan hingga 40% dari makanan mereka dalam bentuk karbohidrat sebagai sumber energi yang baik.

Secara umum, makanan kering mengandung lebih banyak karbohidrat daripada makanan basah.

Baca juga: Penyebab Kucing Peliharaan Kabur dari Rumah dan Cara Mencegahnya

Beri makan sedikit demi sedikit tapi sering

Ada beberapa jenis makanan manusia yang aman dikonsumsi oleh kucing. Misalnya, daging, telur dan juga sayuran. PEXELS/ Lucas Pezeta Ada beberapa jenis makanan manusia yang aman dikonsumsi oleh kucing. Misalnya, daging, telur dan juga sayuran.

Perut kucing hanya seukuran bola pingpong. Jadi wajar jika kucing Anda tidak akan makan banyak sekaligus.

Apakah kucing Anda lebih suka makanan basah, makanan kering atau keduanya, cobalah memberi makan satu sendok makan setiap beberapa jam.

Makanan kecil dan teratur ini lebih baik ditoleransi daripada makanan besar dan dapat mengurangi risiko muntah setelah makan.

Baca juga: Cara Melatih Kucing agar Bisa Tidur di Kasurnya Sendiri

Panaskan makanan basah kucing

Kucing dirangsang untuk makan dengan mencium bau makanannya. Menghangatkan makanan basah dapat membantu membuat makanan lebih beraroma dan menarik bagi kucing Anda.

Tawarkan camilan di antara waktu makan

Camilan sehat di antara waktu makan dapat membantu menambah berat badan kucing Anda. Cobalah menggoda kucing Anda dengan beberapa gigitan sederhana dari ayam beku-kering berprotein tinggi, seperti makanan kucing mentah beku-kering dada ayam di antara setiap waktu makan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com