Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bahan yang Ampuh Hilangkan Kelembapan dan Bau pada Lemari Pakaian

Kompas.com - 28/10/2021, 08:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Hujan yang terus-menerus turun dapat membuat lemari pakaian menjadi lembap serta mengeluarkan bau busuk dan apek. 

Hal itu secara tak langsung juga membuat pakaian yang disimpan di lemari ikut berbau. Demi mencegah pakaian berbau, ada beberapa cara sederhana yang perlu dilakukan. 

Dilansir dari Times of India, Kamis (28/10/2021), berikut beberapa empat bahan yang ampuh menghilangkan kelembapan, jamur, dan bau pada lemari pakaian

Baca juga: Ingin Beli Lemari Pakaian Baru? Ikuti 6 Tips Ini agar Tak Salah Beli

Air lemon

Sifat lemon yang asam dapat membasmi jamur yang menyebabkan bau apek pada pakaian. Caranya, cukup campurkan perasan air lemon dengan air dan buat larutan pembersih yang ampuh dan efektif.

Oleskan larutan lemon secara khusus pada area yang memiliki bau. Setelah selesai, cukup bersihkan permukaan dengan sabun dan air.

Baking soda 

Baking soda wajib dimiliki di rumah karena bisa mengatasi berbagai pemasalahan, termasuk lemari pakaian yang berbau. Caranya, taburkan baking soda pada rak lemari pakaian yang berbau serta berjamur. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menjaga Lemari Pakaian Tetap Rapi

Cuka

Seperti disebutkan sebelumnya, jamur tidak dapat hidup dalam kondisi asam. Jadi, cuka yang memiliki rasa asam asam dapat mengatasi permasalahan jamur.

Caranya, tuangkan sedikit cuka pada area lemari pakaian yang terdapat jamur, lalu diamkan selama beberapa menit dan bersihkan. Cuka juga bisa menghilangkan bau pada pakaian

Baca juga: 7 Ide Penyimpanan di Lemari Pakaian agar Tetap Rapi

Vodka

Vodka tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga menjaga kelembapan saat musim hujan. Ambil sedikit cairan vodka dan masukkan ke wadah botol semprot kosong.

Tambahkan sedikit air ke dalamnya untuk membuat vodka lebih encer, lalu semprotkan langsung ke pakaian. Bau pada pakaian akan hilang dalam sekejap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com