Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 08:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kucing peliharaan senang ketika pemiliknya mengajak bermain dengan laser pointer. Kucing akan mengejar pantulan sinar laser berupa titik merah ke sana ke mari dengan penuh semangat.

Namun demikian, ada beberapa perdebatan tentang apakah laser pointer adalah mainan yang bagus untuk kucing. Jadi, mengapa kucing mengejar laser dan apakah ini aman untuk kucing?

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (25/10/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Kucing dan Anjing Menemukan Jalan Pulang Tanpa Tersesat

Daya tarik laser

Laser secara inheren merangsang kucing karena apa yang mereka wakili, yakni mangsa yang bergerak cepat. Hanya karena kucing tidak harus bekerja keras untuk mendapatkan makanannya, bukan berarti ia tidak siap untuk pekerjaan itu.

Saat titik laser melesat di sekitar ruangan, kucing Anda mengartikannya sebagai binatang kecil yang mencoba lari dan bersembunyi. Dengan demikian, perilaku bawaan kucing muncul, terutama keinginan untuk berburu, menerkam, dan membunuh mangsanya.

Bagaimana kucing melihat laser?

Ada faktor lain yang berperan di sini juga ketika kucing mengejar laser, dan itulah fakta bahwa itu hanya terlihat menarik. Untuk memahami alasannya, ada baiknya memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja mata kucing dan perbedaannya dengan mata manusia.

Retina adalah salah satu struktur utama mata. Retina terdiri dari dua jenis sel utama, yakni batang dan kerucut.

Baca juga: Perhatikan, Ini Tanda Kucing Marah pada Pemiliknya

Batang terkait dengan penglihatan cahaya rendah dan mendeteksi gerakan, sementara kerucut membantu mata melihat warna. Mata manusia memiliki lebih banyak kerucut daripada batang, yang berarti kita melihat dunia dengan penuh semangat.

Kucing, di sisi lain, memiliki lebih banyak batang daripada kerucut, membuat mereka ahli dalam mengambil gerakan sekecil apa pun.

Apa hubungannya dengan laser? Itu berarti mereka cukup sulit untuk diabaikan.

Saat Anda mengarahkan titik laser pada kucing, ia akan menangkapnya dalam penglihatan tepinya, dan jika ia belum benar-benar mengetahui bahwa ia tidak dapat benar-benar memakan titik merah itu, maka hanya itu yang diperlukan untuk memulai siklus predatornya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com