Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menata Tempat Tidur yang Dapat Mengganggu Kenyamanan

Kompas.com - 23/10/2021, 17:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan ruang privasi di rumah dan salah satu ruangan ternyaman. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hilangnya kenyamanan di kamar tidur, salah satunya kesalahan dalam merapikan dan menata tempat tidur

Baca juga: Tips Meletakkan Tempat Tidur di Kamar Menurut Feng Shui

Kesalahan ini rupanya tidak hanya membuat tak nyaman, tapi juga mengganggu dan menyebabkan sulit tidur. Untuk itu, penting menata tempat tidur dengan baik. 

Melansir dari The Spruce, Sabtu (23/10/2021), berikut lima kesalahan menata tempat tidur yang dapat mengganggu kenyaman dan waktu tidur. 

Baca juga: 8 Furnitur yang Dapat Diletakkan di Ujung Tempat Tidur 

Menggunakan seprai berkualitas rendah

Ilustrasi tempat tidur.UNSPLASH/RUNE ENSTAD Ilustrasi tempat tidur.
Seprai memiliki kekuatan besar untuk meningkatkan atau merusak kualitas tidur. Untuk itu, penting memilih material seprai yang tepat. 

Seprai katun, misalnya, membuat kulit mudah bernapas dan cenderung tidak ternoda dibanding kain sintetis. Seprai katun juga menjadi lebih lembut seiring waktu.

Ada pula seprai dengan lapisan satin yang biasanya terasa paling lembut di kulit dan seprai dengan material kapas yang dicampur dengan lyocell, serat ramah lingkungan yang dikenal dapat menyerap kelembapan.

Selain material seprai, penting jga mengganti seprai setiap minggu. Seprai kotor tidak hanya terasa menjijikkan, tapi juga membuat tidak nyaman. Kemudian bersihkan tempat tidur setiap dua hingga tiga bulan. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Membuat Tempat Tidur Tampak Lebih Mewah 

Tidak membersihkan tempat tidur 

Adanya tungau debu di kasur atau tempat tidur dapat membuat sulit tidur dan terbangun dari tidur lantaran gatal. Untuk itu, membersihkan tempat tidur sebelum tidur.

Tungau debu membutuhkan dua hal untuk bertahan hidup, yakni serpihan kulit Anda untuk mengunyah dan suasana lembap untuk hidrasi.

Jika Anda membiarkan tempat tidur tidak dirapikan selama satu atau dua jam, udara dan cahaya akan mengeringkan kelembapan, yang menyedot kehidupan tungau debu

Baca juga: 5 Tips Menata Tempat Tidur agar Mewah dan Nyaman Seperti Hotel

Tidak menyetrika seprai 

Menyetrikan menjadi pekerjaan yang tidak disukai semua orang. Tak heran, menyetrika seprai jarang dilakukan. Banyak orang yang menggunakan seprai yang belum disetrika.

Padahal, seprai yang kusut bisa membuat sulit tidur. Maka itu, pastikan menyetrika seprai sebelum digunakan. 

Baca juga: Simak, Tips Memilih Tempat Tidur untuk Kamar Sempit

 

Tidur hanya dengan selimut

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi kamar tidur
Beberapa orang sering terbangun tidur pada malam hari karena terlalu panas atau dingin. Pertimbangkan layering sebagai gantinya.

Pertama, tambahkan bed cover ke dalam campuran sehingga berada di antara Anda dan selimut. Ingatlah untuk menyelipkan seprai agar tidak tergelincir saat tidur.

Seprai memungkinkan Anda tidak menggunakan selimut . Selanjutnya, simpan selimut ekstra di ujung tempat tidur serta lipat dengan rapi menjadi dua agar mudah dibuka. 

Baca juga: Ingin Beli Kasur? Ketahui Dulu Ini Ukuran Tempat Tidur 

Tidak mencuci bantal dan sarungnya 

Anda mungkin menyukai tumpukan bantal di tempat tidur, tetapi jika tidak pernah mencucinya, hal itu bisa merusak kulit dan mengganggu kesehatan.

Bantal dan sarung bantal tdak hanya menjebak kotoran, minyak, dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat, tetapi juga menjebak alergen yang memicu bersin, asma, serta mata merah. 

Karena itu, bersihkan sarung bantals setiap seminggu sekali, bantal setiap dua bulan sekali, dan mengganti bantal setiap tiga tahun sekali.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com